DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 12:30 WIB

Benarkah Fans K-pop Sering Bikin Delay Pesawat di China?

Rina Atriana - detikNews
Benarkah Fans K-pop Sering Bikin Delay Pesawat di China? Bandara Internasional Beijing Capital (Foto: Dok. SCMP)
Beijing - Fans K-pop di China sepertinya harus lebih menahan diri khususnya ketika berada di bandara-bandara di China. Pasalnya, ulah mereka yang kadang berlebihan dalam mengejar idolanya berdampak pada tertundanya penerbangan.

Dilansir dari The Star, Senin (21/5/2018) yang mengutip People's Daily, sepanjang tahun 2018 saja di Terminal 3 Bandara Internasional Beijing Capital terjadi tujuh insiden di mana para fans K-pop berteriak-teriak kepada idola mereka yang baru mendarat. Pengguna bandara yang merasa terganggu kemudian melaporkannya.


Awal Mei ini, belasan orang fans Nine Percent, kelompok idol yang berbasis di Tiongkok, menerobos boarding terminal bandara demi bertemu idolanya.

Tak hanya itu, mereka bahkan memaksa masuk ke dalam pesawat dan ke kabin kelas satu tempat artis idola mereka siap lepas landas. Insiden ini menyebabkan penerbangan tertunda sekitar dua jam.

Menurut pengacara yang berkantor di Beijing, Yue Shenshan, memang tak ada laporan para fans itu telah dihukum, tapi nantinya persoalan ini bisa menjadi serius. Terutama terkait dengan keamanan bandara.


The Star melaporkan, selain melanggar ketertiban sosial, mereka juga bisa dianggap melanggar undang-undang privasi.

Sementara itu People's Daily melaporkan mulai 1 Mei lalu, siapa saja yang membuat gangguan di counter check in atau memblokir jalan-jalan di bandara akan mendapatkan sanksi. Salah satunya mereka akan dilarang terbang selama satu tahun.
(rna/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed