Tokyo Izinkan Jomblo dan Pasangan Sesama Jenis Jadi Orangtua Asuh

Rina Atriana - detikNews
Senin, 21 Mei 2018 12:09 WIB
Bendera Jepang (Foto: Dok. REUTERS/Toru Hanai)
Tokyo - Pemerintah Kota Tokyo akhirnya mengizinkan pasangan sesama jenis untuk menjadi orangtua asuh. Aturan baru ini akan berlaku mulai 1 Oktober mendatang.

Dilansir dari The Mainichi, Senin (21/5/2018), berdasarkan survei The Mainichi yang dilakukan pada tahun 2017 terhadap 69 pemerintah daerah, hanya Tokyo yang memberi pengecualian kepada pasangan sesama jenis untuk menjadi orangtua asuh.


Orangtua asuh mengadopsi anak yang tidak bisa hidup dengan orangtua aslinya dengan alasan kekerasan atau lain. Pasangan sesama jenis yang ingin menjadi orangtua asuh pun harus memenuhi standar tertentu, misalnya memiliki rumah yang layak ditinggali.

UU Kesejahteraan Anak diubah pada tahun 2016 sejalan dengan kebijakan Departemen Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan untuk mempromosikan pengasuhan anak terlantar. Keputusan terbaru Pemkot Tokyo juga berdasar dari perubahan UU tersebut.

Tak hanya pasangan sesama jenis, para jomblo di Tokyo juga sekarang akan diizinkan untuk menjadi orang tua asuh jika mereka dianggap memiliki kemampuan untuk membesarkan anak-anak. (rna/ita)