DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 16:53 WIB

KBRI Kairo Sambut Ramadan Bersama WNI dan Masyarakat Mesir

Rita Uli Hutapea - detikNews
KBRI Kairo Sambut Ramadan Bersama WNI dan Masyarakat Mesir Foto: KBRI Kairo
Kairo - Dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan 1439 H/ 2018 M, Duta Besar RI untuk Mesir, Helmy Fauzy, dan jajaran KBRI Kairo mengunjungi para WNI di Mesir pada 15 Mei lalu. Dalam kesempatan tersebut, Dubes Helmy membagi-bagikan bingkisan kepada para WNI beserta warga Mesir di sekitar tempat tinggal para WNI tersebut.

"Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan, dan kami ingin mengawalinya dengan semakin memperat tali silaturahmi antar masyarakat Indonesia maupun warga Mesir," ujar Dubes Helmy dalam rilis pers dari KBRI Kairo yang diterima detikcom, Kamis (17/5/2018).

Selain membagikan bingkisan, Dubes Helmy juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan para WNI, yang seluruhnya merupakan mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Azhar. Para mahasiswa menyambut gembira kunjungan Dubes Helmy dan jajaran KBRI Cairo, dan menyampaikan mengenai persiapan mereka dalam menyambut Ramadan. Terlebih, mengingat bulan Ramadan tahun ini akan bersamaan dengan musim ujian di Universitas Al-Azhar.

Dubes Helmy menyampaikan harapannya agar Ramadan kali ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia di Mesir, dan agar para mahasiswa diberikan kelancaran dalam menempuh ujian.

Tak ketinggalan, Dubes Helmy juga mengundang masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di bulan Ramadan yang diselenggarakan oleh KBRI Kairo dan akan dipusatkan di Masjid Indonesia Cairo (MIC). Beberapa kegiatan tersebut antara lain salat tarawih bersama setiap hari yang diikuti dengan tadarus dan buka puasa bersama setiap Jumat, serta kegiatan maidatur rahman yang setiap hari akan disediakan di luar MIC.

Maidatur rahman sendiri merupakan tradisi masyarakat Mesir yang selalu menyediakan makanan berat untuk berbuka puasa bagi warga sekitar maupun orang-orang yang melintas, secara gratis. "Ini merupakan tradisi Mesir yang bagus sekali, dan sudah kita adopsi selama beberapa tahun terakhir," kata Dubes Helmy.

Dia juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada masyarakat Indonesia di Mesir maupun kepada masyarakat Mesir. "Selamat menunaikan ibadah puasa. Ramadan kareem, Marhaban ya Ramadan," pungkasnya.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed