DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 11:32 WIB

Najib Ada di Dalam Rumah Selama Penggeledahan Berlangsung

Novi Christiastuti - detikNews
Najib Ada di Dalam Rumah Selama Penggeledahan Berlangsung Suasana di sekitar rumah Najib saat penggeledahan (REUTERS)
FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kuala Lumpur - Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak tetap ada di dalam rumah selama penggeledahan berlangsung. Penggeledahan ini dimulai setelah Najib pulang dari salat tarawih.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, Malay Mail, Kamis (17/5/2018), Najib pulang ke rumahnya di Taman Duta, Malaysia, usai menjalankan salat tarawih di Masjid Kampung baru pada Rabu (16/5) malam, pukul 21.50 waktu setempat.

Beberapa saat kemudian, sekitar pukul 22.15 waktu setempat, tim kepolisian mendatangi rumah tersebut untuk melakukan penggeledahan. Sejak saat itu, Najib tidak terlihat keluar rumah sama sekali. Penggeledahan berlanjut hingga Kamis (17/5) pagi waktu setempat.


Tidak diketahui pasti apakah istri Najib, Rosmah Mansor, juga sedang berada di dalam rumah saat penggeledahan berlangsung. Rosmah tidak terlihat masuk maupun keluar rumah selama penggeledahan berlangsung.

Malay Mail melaporkan, Sekretaris Pers Najib, Tengku Sariffuddin Tengku Ahmad dan salah satu pengacara Najib, Hasnal Rezua Merican, terlihat memasuki rumah tersebut sesaat setelah pukul 23.00 waktu setempat.

Rumah Najib yang disita ini terletak di sudut Jalan Langgak Duta dan dikelilingi oleh sejumlah rumah besar lainnya juga bukit semak-semak. Hanya ada satu akses menuju rumah Najib yang berada di jalan buntu ini.


Selain rumah di Taman Duta, ada empat lokasi lainnya yang juga digeledah polisi. Menurut media lokal Malaysia lainnya, The Star, empat lokasi itu terdiri atas kediaman pribadi Najib di Sri Perdana, lalu dua unit kondominium di Pavilion KL dan Kantor PM Malaysia.

Polisi tidak mengungkap apa saja yang disita dalam penggeledahan. Namun pengacara Najib lainnya, Harpal Singh Grewal, menyebut hanya barang pribadi seperti tas wanita, pakaian dan hadiah-hadiah yang disita polisi. "Tidak ada dokumen yang dibawa, tidak ada yang penting," sebutnya.

Sedangkan seorang sumber yang memahami penggeledahan, menuturkan kepada Malay Mail, bahwa penggeledahan dilakukan oleh tim polisi yang dibentuk khusus untuk menyelidiki skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Penggeledahan bertujuan mencari bukti terkait 1MDB.


Penggeledahan dilakukan setelah Najib dan istrinya, Rosmah Mansor, masuk daftar blacklist Departemen Imigrasi, untuk orang-orang yang dicegah ke luar negeri. Najib yang terseret skandal mega korupsi 1MDB berulang kali membantah telah melakukan pelanggaran hukum.


(nvc/ita)
FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed