DetikNews
Senin 14 Mei 2018, 10:44 WIB

Ivanka Trump Tiba di Israel Untuk Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem

Novi Christiastuti - detikNews
Ivanka Trump Tiba di Israel Untuk Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem Ivanka Trump bersama suaminya, Jared Kushner (REUTERS/Amir Cohen)
Tel Aviv - Ivanka Trump, putri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, dan suaminya, Jared Kushner, telah tiba di Yerusalem untuk menghadiri pembukaan Kedutaan Besar (Kedubes) AS yang baru. Pembukaan dijadwalkan akan digelar pada 14 Mei waktu setempat.

Seperti dilansir Press TV, Senin (14/5/2018), Ivanka dan suaminya telah mendarat di Bandara Internasional Ben Gurion di Tel Aviv, Israel pada Minggu (13/5) waktu setempat. Keduanya disambut oleh Duta Besar (Dubes) AS untuk Israel, David Friedman.


Berbicara kepada wartawan, Ivanka mengaku sangat senang bisa kembali ke Yerusalem, yang telah diakui Trump sebagai ibu kota Israel sejak tahun lalu. Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem akan digelar pada Senin (14/5) waktu setempat, bertepatan dengan peringatan 70 tahun kemerdekaan Israel.

"Kami berharap untuk merayakan ulang tahun ke-70 Israel dan masa depan cerah di masa mendatang," ucap Ivanka dalam pernyataannya.

"Kami akan berdoa untuk potensi aliansi AS-Israel yang tidak ada batasnya di masa mendatang dan kami akan berdoa untuk perdamaian," imbuhnya.

Ivanka dan suaminya masuk dalam rombongan delegasi kepresidenan yang dikirim Trump untuk menghadiri pembukaan Kedubes AS di Yerusalem. Delegasi ini dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri AS, John Sullivan.


Rencananya, pembukaan Kedubes AS di Yerusalem akan digelar pukul 16.00 waktu setempat. Selama di Israel, pembukaan, Ivanka dan suaminya juga menghadiri jamuan makan malam bersama.

Kebanyakan misi diplomatik asing di Israel memilih tidak hadir dalam acara ini. Otoritas Israel menyatakan seperti dilansir Reuters, dari 86 dubes asing di Israel yang diundang, hanya 33 dubes yang mengonfirmasi hadir. Dua di antaranya adalah Guatemala dan Paraguay, yang akan membuka kedutaan mereka sendiri di Yerusalem pada akhir bulan ini.

Sementara itu, dilaporkan juga ada empat negara Eropa yang akan hadir, meskipun Uni Eropa mengecam keputusan AS untuk memindahkan kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem. Empat negara itu adalah Hungaria, Republik Ceko, Austria dan Rumania.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed