DetikNews
Minggu 06 Mei 2018, 10:27 WIB

7 Orang Tewas Terjebak di Tambang Emas Bawah Tanah Afsel

Rina Atriana - detikNews
7 Orang Tewas Terjebak di Tambang Emas Bawah Tanah Afsel Penambangan emas di Afsel (Foto: Dok. REUTERS/Siphiwe Sibeko/File Photo)
Jakarta - Sebanyak 13 orang terperangkap di tambang emas bawah tanah Sibanye-Stillwater di Afrika Selatan. Beberapa hari kemudian dilaporkan 7 orang di antaranya ditemukan tewas.

Dilansir dari CNN, Minggu (6/5/2018), kabar meninggalnya 7 penambang tersebut dikonfirmasi oleh pihak perusahaan.

Tambang Sibanye-Stillwater berada di Masakhane, barat Johannesburg. Pada Kamis (3/5) lalu terjadi gempa di daerah tersebut.


Enam penambang dari 13 orang yang terjebak berhasil diselamatkan dan langsung dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu (5/5).

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa turut mengucapkan ucapan belasungkawa terhadap meninggalnya sejumlah penambang. Ramaphosa berharap investigasi dapat mengungkap apa penyebab insiden maut itu.

"Sebagai pemerintah dan warga Afrika Selatan pada umumnya, belasungkawa dan doa kami bersama keluarga para pekerja yang meninggal, di antaranya adalah pekerja dari negara-negara tetangga termasuk Mozambik," kata Ramaphosa.

Sibanye-Stilwater merupakan perusahaan penghasil emas terbanyak di Afrika Selatan. Perusahaan ini juga memproduksi platinum dan beroperasi di Amerika Serikat.
(rna/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed