DetikNews
Kamis 03 Mei 2018, 09:46 WIB

Pesawat Militer Jatuh Menghantam Jalanan Georgia, 9 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Pesawat Militer Jatuh Menghantam Jalanan Georgia, 9 Orang Tewas Pesawat militer yang jatuh di Georgia, AS (JAMES LAVINE/via REUTERS)
Georgia - Sebuah pesawat kargo militer milik Garda Nasional Udara Puerto Rico menghantam aspal di jalanan Georgia, Amerika Serikat (AS), saat melakukan penerbangan militer terakhir. Sedikitnya 9 orang tewas dalam kecelakaan ini.

Dituturkan Garda Nasional Udara Puerto Rico dalam pernyataannya, seperti dilansir CNN, Kamis (3/5/2018), bahwa pesawat kargo jenis WC-130 ini sedang membawa sembilan awak saat jatuh di jalanan kota Savannah, Georgia pada Rabu (2/5) waktu setempat.

Pesawat sedang terbang dari kota Savannah, Georgia menuju Tucson, Arizona saat tiba-tiba menukik tajam dan menghantam aspal jalanan. Lokasi jatuhnya pesawat berjarak beberapa kilometer dari Bandara Internasional Savannah Hilton.


Seorang pejabat yang memahami kondisi pesawat menyebut pesawat kargo itu sudah berusia 50 tahun. Kecelakaan terjadi saat pesawat kargo ini sedang melakukan penerbangan militer terakhir menuju ke tempat persemayaman terakhir di Arizona.

"Sembilan anggota kru tewas dalam insiden ini, tapi hingga pihak keluarga dan kerabat mereka diberitahu, kami tidak bisa memberikan nama-nama mereka," ujar Brigadir Jenderal Isabelo Rivera dari Garda Nasional Udara Puerto Rico.

"Doa, pikiran dan belasungkawa kami tertuju bagi keluarga dan orang tercinta dari para penerbang kami," imbuhnya.

Seluruh korban tewas merupakan warga Puerto Rico. Penyebab kecelakaan ini belum diketahui pasti.


Mayor Paul Dalhlen dari 156th Airlift Wing di Puerto Rico, menyatakan pesawat kargo itu ada di Savannah selama beberapa hari untuk menjalani perawatan rutin sebelum terbang ke Aerospace Regeneration and Maintenance Group di Arizona.

"Kami tidak tahu penyebab kecelakaan," ucapnya.

Seorang saksi mata mengaku mendengar suara berisik dan sangat keras sebelum pesawat kargo itu jatuh. Saksi mata lainnya menuturkan bagaimana daratan bergetar seolah seperti ada bom meledak, saat pesawat menghantam aspal.

Untungnya, tidak ada korban jiwa di daratan. "Sejauh yang kami tahu, tidak ada mobil yang terkena, yang merupakan keajaiban," ucap juru bicara kantor Sheriff Effingham County, Gena Bilbo.


[Gambas:Video 20detik]


(nvc/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed