DetikNews
Rabu 02 Mei 2018, 18:13 WIB

Balas Kematian 3 Anak, Warga India Bunuh 13 Anjing Liar

Novi Christiastuti - detikNews
Balas Kematian 3 Anak, Warga India Bunuh 13 Anjing Liar Foto: Ilustrasi
New Delhi - Sekelompok warga India yang marah dengan keji membunuh 13 ekor anjing liar di Uttar Pradesh. Aksi keji ini dimaksudkan membalas kematian tiga anak yang tewas usai diserang anjing liar di wilayah yang sama.

Seperti dilansir AFP, Rabu (2/5/2018), warga desa Khairabad di Uttar Pradesh memilih untuk main hakim sendiri setelah mendapati anak-anak di wilayahnya tewas diserang kawanan anjing liar. Media lokal melaporkan serangan anjing liar terjadi hampir setiap hari, sejak Januari lalu. Disebutkan 14 anak tewas dalam serangan serupa.

Dalam serangan anjing liar terbaru pada Selasa (1/5) waktu setempat, tiga anak yang semuanya berusia di bawah 12 tahun tewas diserang kawanan anjing liar dalam sejumlah insiden terpisah. Anak-anak itu diserang saat mencari mangga di luar desa mereka.


Undang-undang Kesejahteraan Binatang tahun 2001 yang berlaku di India, menyatakan pembunuhan anjing liar sebagai pelanggaran hukum.

Namun warga desa Khairabad menembak mati tiga ekor anjing liar dan memukuli 10 anjing liar lainnya hingga mati.

Dalam pernyataan terpisah, kepolisian setempat membenarkan adanya tiga anak yang tewas diserang anjing liar. "Penyelidikan kami mengungkapkan bahwa anak-anak itu sendirian saat diserang," ucap kepala kepolisian distrik setempat, Sureshrao A Kulkarni, kepada AFP.


Kulkarni juga menyebut ada sejumlah kematian lainnya sejak Januari namun tidak menyebut jumlah pastinya. Ditambahkan Kulkarni bahwa tim dokter hewan dan penjaga hutan telah dikerahkan untuk mengendalikan kawanan anjing liar agar tidak menyerang manusia.

Otoritas setempat mengaitkan peningkatan serangan anjing liar dengan penutupan sebuah rumah penjagalan di kawasan tersebut pada November lalu. Kebanyakan anjing liar sebelumnya diberi makan bangkai binatang yang disembelih di sana.

Insiden warga membunuh anjing liar karena marah, bukan yang pertama di India. Bulan lalu, dua pria ditangkap di New Delhi setelah mereka membunuh anjing liar karena kesal mendengar suara gonggongannya.


(nvc/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed