DetikNews
Kamis 26 April 2018, 16:20 WIB

Diburu 40 Tahun, Pembunuh Berantai California Akhirnya Ditangkap

Rita Uli Hutapea - detikNews
Diburu 40 Tahun, Pembunuh Berantai California Akhirnya Ditangkap Setelah diburu 40 tahun, seorang pemerkosa dan pembunuh berantai di AS ditangkap (ilustrasi/Thinkstock)
California - Otoritas California, Amerika Serikat mengumumkan penangkapan seorang pemerkosa dan pembunuh berantai yang telah diburu selama 40 tahun. Mantan polisi yang kini berumur 72 tahun itu, meneror California pada tahun 1970-an dan 1980-an.

Joseph James DeAngelo asal Citrus Heights, California ditangkap tanpa insiden pada Selasa (24/4) waktu setempat. Penjahat yang dijuluki sebagai "Golden State Killer" tersebut dikaitkan dengan setidaknya 12 kasus pembunuhan, 51 kasus pemerkosaan dan 120 perampokan rumah di California antara tahun 1976 dan 1986.


Dalam aksinya, dia bersenjatakan pistol dan mengenakan topeng. Penjahat ini membobol masuk ke rumah-rumah di malam hari dan mengikat serta memperkosa korban-korbannya, yang berumur antara 13 tahun hingga 41 tahun. Akibat perbuatannya, DeAngelo juga dijuluki sebagai "pemerkosa wilayah timur".

Jaksa distrik Sacramento County, Anne Marie Schubert mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (26/4/2018), DeAngelo saat ini telah didakwa atas dua kasus pembunuhan, dengan dakwaan-dakwaan lain akan menyusul. Dikatakan Schubert, DeAngelo teridentifikasi lewat teknologi DNA, namun dia menolak menjelaskan lebih detail mengenai apa yang mendorong penangkapannya setelah puluhan tahun diburu.


"Jawabannya adalah dan selalu pada DNA," ujar Schubert. "Kami menemukan jarum di atas tumpukan jerami dan itu tepat di sini di Sacramento," imbuhnya.

"Besarnya kasus ini menuntut agar ini diselesaikan. Kasus ini telah sangat mempengaruhi seluruh negara bagian ini," imbuhnya.

Penyelidik mengatakan DeAngelo adalah seorang perwira polisi di dua departemen Kepolisian California yang berbeda selama tahun 1970-an. Dia menjadi perwira polisi di Kota Exeter, San Joaquin Valley dan di kota Gold Rush, Auburn.

Dua tahun lalu, FBI menawarkan hadiah uang US$ 50 ribu untuk informasi yang berujung pada penangkapan buronan keji tersebut.

Kasus penyelidikan dan perburuan DeAngelo telah dijadikan buku berjudul "I'll Be Gone in the Dark" yang dirilis tahun ini. Penulis buku tersebut adalah Michelle McNamara, yang meninggal pada tahun 2016 lalu. Buku tersebut kemudian diselesaikan suaminya, Patton Oswalt, dengan menyewa seorang penulis yang tidak disebutkan namanya.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed