DetikNews
Kamis 26 April 2018, 10:27 WIB

Kim Jong-Un Minta Maaf pada China Atas Kecelakaan Bus Maut

Novi Christiastuti - detikNews
Kim Jong-Un Minta Maaf pada China Atas Kecelakaan Bus Maut Kim Jong-Un saat mengunjungi warga China yang luka-luka dalam kecelakaan bus di Korut (Dok. KCNA/via REUTERS)
FOKUS BERITA: Korut-Korsel Mulai Akur
Pyongyang - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un menyampaikan permohonan maaf secara mendalam kepada China atas kecelakaan bus maut yang menewaskan 32 turis China. Hal ini disampaikan usai Kim Jong-Un menjenguk korban luka di rumah sakit.

Dalam pesan kepada Presiden China Xi Jinping dan pemimpin China lainnya, Kim Jong-Un menyebut rakyat Korut diselimuti kesedihan. Pesan Kim Jong-Un ini disampaikan via kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA), seperti dilansir Reuters, Kamis (26/4/2018).

"Tentu sangat menyedihkan bahwa teman-teman dekat dari China yang datang ke sini dengan rasa persahabatan dengan rakyat kami, menghadapi kecelakaan tak terduga di tanah kami," demikian pesan permohonan maaf dari Kim Jong-Un seperti dikutip KCNA.


"Kami menyampaikan permohonan maaf mendalam kepada sahabat-sahabat China atas rasa sakit yang tidak bisa diredakan dengan kata-kata, penghiburan, dan kompensasi apapun," imbuh pesan itu.

"Partai dan pemerintahan kami akan melakukan setiap upaya yang mungkin, demi memastikan masa-masa berkabung terlewati dan rasa sakit mereda meskipun sedikit," demikian pesan Kim Jong-Un.

Sedikitnya 32 turis China dan empat warga Korut tewas saat bus yang mereka tumpangi jatuh dari jembatan di Korut pada Minggu (22/4) malam waktu setempat. Dua warga China lainnya masih kritis di rumah sakit di Korut.


Kecelakaan bus fatal ini dilaporkan terjadi di wilayah Hwanghae Utara, yang terletak di sebelah selatan ibu kota Pyongyang dan membentang hingga ke perbatasan dengan Korea Selatan (Korsel). Penyebab kecelakaan belum diketahui pasti. Kementerian Kesehatan China mengirimkan tim pakar medis bersama dengan perlengkapan dan obat-obatan ke wilayah Korut, untuk membantu para korban luka.

Kim Jong-Un sebelumnya datang menjenguk para korban luka di rumah sakit. Pada Kamis (26/4) waktu setempat, televisi nasional China menunjukkan foto Kim Jong-Un sedang melepas jenazah korban tewas yang dibawa pulang ke China dengan kereta api.

Korut menjadi tujuan wisata populer bagi warga China, khususnya yang berasal dari wilayah timur laut negara itu. Forum diskusi think-tank Korsel, Korea Maritime Institute, melaporkan sebanyak 80 persen turis asing di Korut berasal dari China. Sektor pariwisata menyumbangkan pendapatan hingga US$ 44 juta setiap tahunnya bagi Korut.


Di sisi lain, China menjadi pendukung ekonomi dan diplomatik paling penting bagi Korut. Hal ini tak berubah meskipun China sempat geram pada Korut yang berulang kali melakukan uji coba rudal dan nuklir.


(nvc/ita)
FOKUS BERITA: Korut-Korsel Mulai Akur
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed