DetikNews
Selasa 24 April 2018, 12:01 WIB

Sempat Dicuri, Jantung Ratu Prancis yang Diawetkan Telah Ditemukan

Rina Atriana - detikNews
Sempat Dicuri, Jantung Ratu Prancis yang Diawetkan Telah Ditemukan Peti emas berisi jantung ratu prancis (Foto: Dok. Dennis Jarvis via ABC News Australia)
Paris - Peti emas berisi jantung Ratu Prancis yang diawetkan, berhasil ditemukan kembali. Sebelumnya peti emas dari abad ke-16 itu dicuri pada awal April 2018.

Dilansir dari ABC News, Selasa (24/4/2018), peti emas sebesar 0,5 kg berisi jantung Anne of Brittany itu telah memicu kekhawatiran bahwa jantung yang diawetkan itu akan meleleh.

Peti emas itu disimpan di museum Thomas-Dobree di kota Nantes, Prancis barat. Pencuri mencuri peti tersebut bersama beberapa koleksi lain. Kini Kepolisian Prancis telah berhasil menangkap pelaku yang berjumlah dua orang.


Anne of Brittany yang lahir pada tahun 1477 merupakan putri dari Pangeran Francis II dari Brittany. Anne of Brittany meninggal pada tahun 1514 di istana Chateau de Blois, Lembah Loire, Prancis tengah.

Anne of Brittany sebelum kematiannya sempat meninggalkan surat wasiat. Surat tersebut berisi permintaan agar ketika dia meninggal, jantungnya diambil dan dikirim ke Brittany, sebuah wilayah di barat laut Prancis.

Anne adalah satu-satunya wanita yang pernah menjadi ratu Prancis sebanyak dua kali, dari 1491 hingga 1498 dan kembali 'menjabat' dari 1499 hingga kematiannya.
(rna/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed