DetikNews
Selasa 24 April 2018, 09:54 WIB

Bush Senior Masuk RS, Beberapa Hari Usai Wafatnya Istri

Novi Christiastuti - detikNews
Bush Senior Masuk RS, Beberapa Hari Usai Wafatnya Istri George HW Bush dan mendiang Barbara Bush dalam foto tahun 2008 (REUTERS/Larry Downing/File Photo)
Houston - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George HW Bush masuk ke rumah sakit, beberapa hari usai menguburkan istrinya, Barbara Bush, pada Sabtu (21/4) lalu. Bush senior dilaporkan kini mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

"Presiden Bush dibawa ke Houston Methodist Hospital kemarin (22/4) pagi setelah mengalami infeksi yang menyebar ke dalam darahnya. Dia mendapatkan perawatan dan tampaknya mulai pulih," ujar juru bicara keluarga Bush, Jim McGrath, dalam pernyataannya, seperti dilansir CNN, Selasa (24/4/2018).

McGrath menyatakan begitu ada perkembangan terbaru, pihaknya akan merilisnya ke publik.


Sementara itu, seorang sumber yang dekat dengan mantan Presiden ke-41 AS itu, menyatakan Bush senior yang berusia 93 tahun dibawa ke rumah sakit setelah mengalami infeksi yang memicu sepsis, yang bisa membahayakan nyawa. Sepsis adalah komplikasi dari suatu penyakit yang jarang terjadi namun sangat berbahaya.

Sumber ini menyebut Bush senior dalam kondisi kritis di rumah sakit. Ditambahkan sumber itu, tekanan darah Bush senior terus menurun dan beberapa kali ada kekhawatiran serius soal apakah dia akan bisa melalui situasi ini. Kendati demikian, kondisi Bush senior cenderung stabil.

Dituturkan sumber ini pada CNN, dengan usia dan kondisi kesehatannya sekarang ini, infeksi yang dialami Bush senior tergolong sangat serius.


Beberapa tahun lalu Bush senior mengungkapkan bahwa dirinya menderita penyakit Parkinson, yang membuatnya tidak mampu berjalan normal. Untuk beraktivitas, ayah George W Bush atau Presiden ke-43 AS ini menggunakan kursi roda atau skuter.

Masuknya Bush senior ke rumah sakit dilaporkan membuat sedih keluarganya karena berdekatan dengan kepergian istrinya, Barbara. Pihak keluarga Bush dilaporkan khawatir soal bagaimana Bush senior akan menerima bahwa sang istri yang telah bersamanya selama 73 tahun telah tiada. Barbara meninggal dunia pada 17 April lalu di usia 92 tahun.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed