DetikNews
Senin 23 April 2018, 17:57 WIB

Irak Klaim Bunuh 36 Teroris ISIS dalam Serangan Udara di Suriah

Novi Christiastuti - detikNews
Irak Klaim Bunuh 36 Teroris ISIS dalam Serangan Udara di Suriah Foto: Ilustrasi
Baghdad - Militer Irak mengklaim telah menewaskan '36 teroris' dari kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Suriah. Hal itu terjadi dalam serangan udara Irak terhadap posisi ISIS di Suriah pekan lalu.

"Serangan udara Irak, yang dilakukan oleh sejumlah jet tempur F-16 di Suriah pada 19 April, menargetkan teroris IS (nama lain ISIS) yang memberikan bahaya pada Irak," ucap juru bicara Komando Operasi Gabungan (JOC), Jenderal Yahya Rasool, seperti dilansir AFP, Senin (23/4/2018).

"Sesuai informasi kami, serangan terjadi saat sedang digelar rapat pemimpin teroris dan berhasil mencapai tujuan dengan tewasnya 36 orang dari mereka," imbuhnya.


Pekan lalu, juru bicara militer Irak menuturkan sejumlah jet tempur F-16 milik Irak memasuki wilayah udara Suriah untuk melakukan serangan terhadap ISIS setelah berkoordinasi dengan rezim Presiden Bashar al-Assad.

Sebuah video yang dirilis Angkatan Udara Irak menunjukkan dua jet tempur F-16 milik Irak menghancurkan sebuah rumah di Suriah bagian timur.


Secara terpisah, koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi serangan udara oleh militer Irak di Suriah itu. AS menyebut serangan udara ditargetkan ke wilayah kota Hajin, Suriah bagian timur, yang berjarak 50 kilometer dari perbatasan Irak.

"Serangan udara ini membuktikan komitmen Irak untuk menghancurkan sisa-sisa IS yang terus mengancam rakyat kita," tegas Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi.


(nvc/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed