DetikNews
Senin 23 April 2018, 15:59 WIB

32 Turis China Tewas dalam Kecelakaan Bus di Korut

Novi Christiastuti - detikNews
32 Turis China Tewas dalam Kecelakaan Bus di Korut Bus wisata yang membawa turis asal China mengalami kecelakaan di Korut (CCTV via Reuters)
Pyongyang - Sedikitnya 32 turis asal China dan empat warga Korea Utara (Korut) tewas dalam kecelakaan bus fatal di wilayah Korut. Dua warga China lainnya dilaporkan mengalami luka serius dan kini dalam kondisi kritis.

Seperti dilansir Reuters, Senin (23/4/2018), Kementerian Luar Negeri China telah mengonfirmasi bahwa 32 warganya tewas dalam kecelakaan bus di Provinsi Hwanghae Utara pada Minggu (22/4) malam waktu setempat. Empat korban tewas lainnya merupakan warga Korut.

Para diplomat China di Korut dilaporkan telah bergegas ke lokasi kecelakaan. Lokasi kecelakaan bus ini ada di Hwanghae Utara, yang terletak di sebelah selatan ibu kota Pyongyang dan membentang hingga ke perbatasan dengan Korea Selatan (Korsel).


Stasiun televisi nasional China, CCTV, menayangkan situasi di lokasi kecelakaan. Terlihat dalam tayangan, bus warna biru yang mengalami kecelakaan dalam kondisi ringsek dengan roda ada di atas. Tayangan diambil di tengah kegelapan dengan hujan mengguyur.

Tayangan CCTV juga menampilkan satu korban luka sedang dirawat di rumah sakit setempat. CCTV tidak menyebut jumlah korban jiwa dalam kecelakaan ini. Tidak diketahui ada berapa orang di dalam bus saat kecelakaan terjadi.

Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Kesehatan China menyatakan pihaknya mengirimkan tim pakar medis bersama dengan perlengkapan dan obat-obatan ke wilayah Korut, untuk membantu para korban.


Baik Kementerian Luar Negeri China maupun televisi nasional China CCTV tidak menjelaskan kronologi kecelakaan. Namun televisi nasional China lainnya, CGTN, sempat melaporkan via Twitter bahwa kecelakaan melibatkan sebuah bus wisata yang jatuh dari sebuah jembatan di Korut. Postingan Twitter CGTN sekarang telah dihapus.

Secara terpisah, situs NK News yang mengutip sumber yang enggan disebut namanya, menyatakan bus wisata itu sedang melaju dari Kaesong kembali ke Pyongyang saat kecelakaan terjadi. Sumber dari industri travel juga menuturkan kepada NK News bahwa bus yang mengalami kecelakaan membawa kelompok staf perusahaan travel dari Beijing, China.

Penyebab kecelakaan ini belum diketahui pasti.


(nvc/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed