DetikNews
Kamis 19 April 2018, 15:46 WIB

Gunung 'James Bond' di Kyushu Jepang Meletus

Rina Atriana - detikNews
Gunung James Bond di Kyushu Jepang Meletus Gunung 'James Bond' di Jepang (Foto: Dok. Japan Meteorological Agency/ REUTERS)
Kagoshima - Sebuah gunung berapi di Kepulauan Kyushu, Jepang, mengalami erupsi. Tak ada laporan korban akibat peristiwa ini.

Dilansir dari Reuters, Kamis (19/4/2018), gunung api ini terkenal setelah sempat muncul dalam film James Bond tahun 1960-an itu berlokasi di Kagoshima, Jepang, mengeluarkan asap tebal pada siang hari ini. Gunung itu diketahui memiliki tinggi 1.298 meter di atas permukaan laut itu.


Tayangan televisi menunjukkan asap keabu-abuan muncul dari beberapa titik di sisi gunung dari kawasan Kirishima, sebuah pedesaan yang berjarak 985 km dari Tokyo.

Peringatan status gunung tersebut meningkat dari 2 menjadi 3 (maksimal skala 5 di Jepang). Badan Meteorologi Jepang memperingatkan batuan vulkanis bisa terlempar hingga sejauh 2 km.

Pada Januari 2018, seorang anggota militer tewas dan 11 lainnya luka-luka saat Gunung Kusatsu-Shirane di tengah Jepang, erupsi. Dua bulan kemudian, gunung berapi Shinmoedake juga mengeluarkan asap tebal ke angkasa.

Jepang sedikitnya memiliki 110 gunung berapi aktif di mana 47 gunung di antaranya dipantau sepanjang waktu. Salah satu bencana gunung berapi terburuk di Jepang dalam 90 tahun terakhir terjadi pada 2014. Kala itu 63 orang tewas saat Gunung Ontake meletus.


(rna/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed