DetikNews
Kamis 19 April 2018, 11:48 WIB

Live Streaming Saat Ledakan Mesin Southwest, Pria Ini Dikecam

Novi Christiastuti - detikNews
Live Streaming Saat Ledakan Mesin Southwest, Pria Ini Dikecam Marty Martinez melakukan live streaming sambil memakai masker oksigen (Facebook/Marty Martinez)
Philadelphia - Marty Martinez, salah satu penumpang pesawat maskapai Amerika Serikat (AS), Southwest Airlines, dikritik karena menyiarkan langsung suasana di kabin usai mesin meledak dan penumpang tersedot keluar jendela pesawat. Martinez dituding egois karena sibuk melakukan live streaming, bukannya membantu korban luka.

[Gambas:Video 20detik]


Seperti dilansir Reuters, Kamis (19/4/2018), Martinez mungkin menjadi orang pertama yang mengira dirinya akan mati dalam kecelakaan pesawat, yang menyiarkan langsung pengalaman mengerikan yang dialaminya. Martinez dan para penumpang lainnya berhasil selamat. Namun seorang penumpang wanita bernama Jennifer Riordan tewas usai separuh tubuhnya tersedot keluar dari jendela yang pecah akibat terkena serpihan mesin yang meledak.

Dalam pernyataan kepada media pada Rabu (18/4) waktu setempat, Martinez yang mengelola sebuah kantor marketing di Dallas, Texas mengaku dirinya ingin berkomunikasi untuk terakhir kalinya dengan orang-orang terkasih. Dalam siaran langsung tersebut, terlihat para penumpang dengan wajah-wajah tegang mengenakan masker oksigen.


Saat keadaan genting pada Selasa (17/4) waktu setempat, Martinez memilih membuka laptop dan membayar layanan Wi-Fi di dalam pesawat, saat para penumpang lainnya sibuk memasang masker oksigen. Martinez mengakui dirinya sengaja membayar layanan Wi-Fi di kabin seharga US$ 8 dengan kartu kreditnya untuk live streaming itu.

"Yang bisa saya pikirkan pada saat itu adalah, saya perlu berkomunikasi dengan orang-orang tercinta saya," ucap Martinez dalam tayangan televisi ABC. "Saya pikir, 'Ini menjadi saat-saat terakhir saya di Bumi dan saya ingin orang-orang tahu apa yang terjadi," imbuhnya.

Situasi dalam kabin usai mesin pesawat Southwest Airlines meledakSituasi dalam kabin usai mesin pesawat Southwest Airlines meledak Foto: Facebook/Marty Martinez

Alasan Martinez itu diragukan. Sejumlah pengguna media sosial menuding Martinez egois dan hanya ingin mendapat popularitas. Dia juga dikecam karena tidak membantu korban dan malah sibuk live streaming via Facebook. Martinez mengaku duduk sekitar 2-3 baris di belakang penumpang yang luka-luka.

"Saya tidak melihat Anda mengatakan hal itu (ucapan perpisahan) kepada orang-orang yang Anda cintai. Dunia media sosial saat ini sungguh memuakkan. Semua orang ingin menjadi viral... ugggh," cetus Lakeya Collins via Facebook. "Anda mewakili yang terburuk dari media sosial," timpal Tom Burke juga via Facebook.

Pengguna media sosial lainnya melontarkan komentar kasar kepada Martinez, dengan menyebut seharusnya Martinez yang tewas dalam insiden itu. "Berusaha menghubungi orang terkasih adalah satu hal, tapi merekam dan mengambil gambar untuk diposting secara publik sungguh menjijikkan. Ternyata orang yang salah yang direnggut dari penerbangan itu," kecam Dennis Miller kepada Martinez via Facebook


Di tengah kritikan, ada juga dukungan untuk aksi Martinez itu. Mereka yang membela Martinez menyebut aksinya telah memberikan gambaran penting soal situasi saat insiden terjadi.

"Amit-amit jika situasinya berbeda, tentu teman dan keluarga dari orang-orang yang Anda rekam setidaknya akan mendapat kejelasan dengan mengetahui kebenarannya," tutur Klaudia Olszowka.

Sejumlah pengamat media sosial menyebut aksi Martinez mungkin menyinggung secara moral bagi beberapa orang, tapi tidak melanggar 'standar komunitas' Facebook yang melarang konten kekerasan atau grafis yang dianggap tidak menghormati orang lain.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed