DetikNews
Jumat 13 April 2018, 16:47 WIB

Makan Cabai Terpedas di Dunia, Pria AS Alami Sakit Kepala Luar Biasa

Rina Atriana - detikNews
Makan Cabai Terpedas di Dunia, Pria AS Alami Sakit Kepala Luar Biasa Carolina Reaper (Foto: Dok. SWNS)
New York - Seorang pria di Amerika Serikat mengalami sakit kepala luar biasa usai mengonsumsi cabai terpedas di dunia. Cabai tersebut dikenal dengan nama Carolina Reaper.

Dilansir dari Fox News, Jumat (13/4/2018), pria yang tak disebut identitasnya itu memakan Carolina Reaper saat mengikuti kontes makan cabai di New York. Awalnya pria 34 tahun itu baik-baik saja.


Namun beberapa waktu kemudian dia merasa leher dan kepalanya terasa sangat sakit. Sakit tersebut terus menyebar hingga dia merasakannya di seluruh kepala.

Sakit yang teramat sangat tersebut membuatnya memutuskan pergi ke dokter. Kepada dokter dia mengaku memiliki tekanan darah cukup tinggi yakni 134/69 mm Hg.

Pria itu menjalani pemeriksaan neurologis dan hasilnya negatif. Sampai kemudian hasil scan menunjukkan ada beberapa arteri di otaknya yang menyempit.

Dokter mendiagnosanya sebagai sakit kepala thunderclap sekunder dengan sindrom vasokonstriksi serebral reversibel (RCVS). Di mana pasien mengalami penyempitan arteri sementara yang disertai sakit kepala thunderclap (sakit kepala tiba-tiba dan sangat sakit).


Dokter Kilothungan Gunasekaran dari Bassett Medical Center New York menyatakan, RCVS dapat terjadi tanpa penyebab yang bisa diidentifikasi. Biasanya merupakan reaksi atas makanan atau zat tertentu.

Gunasekaran menyebut kasus RCVS sekunder yang terjadi sebagai dampak memakan cabai baru pertama kali terjadi.

"Tapi konsumsi cabe rawit memang dikaitkan dengan vasospasme koroner (kontraksi otot polos di pembuluh darah) dan infark miokard (penyumbatan otot jantung) akut," tambahnya.
(rna/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed