DetikNews
Kamis 12 April 2018, 17:51 WIB

Ada-ada Saja! Barang Bukti Ganja Hilang, Polisi Salahkan Tikus

Aditya Mardiastuti - detikNews
Ada-ada Saja! Barang Bukti Ganja Hilang, Polisi Salahkan Tikus Ilustrasi tikus (Foto: iStock)
Buenos Aires - Penyidik menemukan sebanyak 540 kg ganja hilang dari sebuah gudang kantor polisi di Pilar, barat laut Buenos Aires, Argentina. Namun anggota kepolisian menyalahkan tikus atas hilangnya barang bukti tersebut. Ada-ada saja!

Akibat hilangnya barang bukti ini delapan anggota polisi Argentina itu dipecat. Mantan komisaris polisi setempat, Javier Specia, dan beberapa rekannya mengatakan kepada hakim bahwa narkotika itu 'dimakan oleh tikus".

Pakar forensik meragukan bahwa tikus melihat narkotika sebagai makanan, sebab tikus-tikus itu bisa mati jika mereka memakan ganja tersebut.


Seorang juru bicara untuk hakim Adrian Gonzales Charvay mengatakan bahwa menurut para pakar di Universitas Buenos Aires Argentina, "tikus tidak akan salah melihat narkotika sebagai makanan" - dan bahkan jika mereka melakukannya, "akan banyak bangkai yang ditemukan di gudang tersebut,".

Para anggota polisi itu akan bersaksi di hadapan hakim pada 4 Mei mendatang. Pengadilan akan memutuskan jika narkotika itu hilang akibat "penggunaan atau kelalaian".

Sekitar 6 ribu kg ganja disimpan di gudang tersebut selama dua tahun terakhir ini. Namun, pengganti Specia, Emilio Portero menyadari hilangnya narkotika tersebut ketika dia menjabat sebagai komisaris.


Portero kemudian memperingatkan divisi internal kepolisian, yang kemudian melakukan pencarian ke gudang dan hanya menemukan sekitar 5.460 kg ganja yang masih tersisa.

Kecurigaan akhirnya jatuh kepada Specia setelah dia tidak menandatangani inventaris narkotika ketika dia meninggalkan jabatannya pada April 2017. Mantan komisaris ini juga tengah dalam penyelidikan karena tidak mengisi pernyataan di bawah sumpah mengenai pendapatannya tahun lalu.
(ams/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed