Surat Langka yang Ditulis di Atas Kapal Titanic Dilelang

Rina Atriana - detikNews
Rabu, 11 Apr 2018 11:48 WIB
Surat langka yang ditulis di atas kapal Titanic (Foto: Dok. Fox News)
Southampton - Sebuah surat langka yang ditulis di atas kapal Titanic sebelum tenggelam, dilelang. Isi surat berusia 106 tahun itu menjelaskan mengenai kehidupan di hari-hari terakhir sebelum kapal tersebut mengalami kecelakaan.

Dikutip dari Fox News, Rabu (11/4/2018), rumah lelang Henry Aldridge & Son menyebut surat tersebut ditulis penumpang selamat bernama Kate Buss pada 10 April 1912. Buss merupakan penumpang Kelas 2 kala itu.

"Ini adalah surat yang luar biasa dan telah dimiliki keluarga tersebut sejak Miss Buss menulisnya di Titanic," ujar pelaksana lelang Henry Aldridge & Son, Andrew Aldridge.


Aldridge menambahkan, surat tersebut ditulis dalam 4 halaman dengan tinta berwarna hitam. Surat tersebut sedianya ditujukan kepada Percy James.

"Saya sudah cukup baik-baik saja, tapi sekarang merasa lelah dan rasanya cocok untuk tidur daripada melakukan apapun," tulis Buss dalam suratnya.

"(Tapi) harus pergi minum teh (dan) makan malam dalam waktu setengah jam," lanjutnya.

[Gambas:Video 20detik]



Dalam suratnya Buss menyebut betapa megahnya apartemen Kelas Pertama. Dia juga menggambarkan saat menulis surat tersebut kapal belum mencapai Cherbourg, Prancis.

Surat Buss memberikan pandangan lebih banyak mengenai kehidupan di atas Titanic yang tenggelam pada 15 April 1912 di Samudera Atlantik Utara. Sebanyak 2.224 orang berada di atas kapal dan 1.503 orang di antaranya dilaporkan tewas. Kapal sedianya akan berlayar dari Southampton (Inggris) ke New York (AS). (rna/ita)