DetikNews
Sabtu 07 April 2018, 16:58 WIB

Serangan Drone Afghanistan Tewaskan Komandan Penting ISIS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Serangan Drone Afghanistan Tewaskan Komandan Penting ISIS serangan drone Afghanistan menewaskan seorang komandan penting ISIS (Foto: AFP)
Kabul - Pasukan Afghanistan menewaskan seorang komandan penting ISIS dalam sebuah serangan udara. Insiden ini terjadi satu tahun setelah dia membelot dari kelompok Taliban dan mendirikan sebuah basis ISIS baru di Afghanistan.

Qari Hekmat tewas dalam serangan pesawat tak berawak (drone) yang dilancarkan militer Afghanistan di distrik Darz Aab, provinsi Jawzjan, Afghanistan utara pada Kamis (5/4) sore waktu setempat. Demikian disampaikan Hanif Rezaee, juru bicara Korps Udara Militer Nasional Afghanistan seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (7/4/2018).


Dikatakannya, Mawlavi Habib Ur Rahman telah ditunjuk sebagai pengganti komandan ISIS di wilayah utara negara tersebut.

Kelompok radikal ISIS mendirikan basis baru di provinsi Jawzjan pada tahun 2017 lalu ketika Hekmat membelot dari Taliban. Kelompok ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan-serangan bom bunuh diri bulan lalu di dekat masjid-masjid Syiah di Herat dan Kabul. Baik pemerintah Afghanistan dan kelompok militan Taliban sama-sama memerangi ISIS.


Kelompok ISIS pertama kali muncul di Afghanistan sekitar tiga tahun lalu. Selain di basis utamanya di provinsi Nangarhar, Afghanistan timur, juga di perbatasan dengan Pakistan, para militan ISIS juga aktif di Afghanistan utara.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed