Pertama Kali, Arab Saudi Gelar Turnamen Game Kartu Baloot

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 07 Apr 2018 14:22 WIB
turnamen kartu Baloot digelar pertama kali di Arab Saudi (Foto: Saudi Gazette)
Riyadh - Untuk pertama kalinya, otoritas Arab Saudi mengadakan turnamen permainan (game) kartu di Riyadh, ibu kota Saudi. Ribuan warga Saudi ikut serta dalam turnamen tersebut.

Seperti dilansir kantor berita resmi Saudi, SPA dan dilansir Arab News, Sabtu (7/4/2018), Kejuaraan Baloot tersebut diadakan oleh Otoritas Hiburan Umum dan telah dimulai sejak 4 April lalu. Sekitar 12 ribu pemain ikut serta dalam kompetisi permainan kartu resmi pertama di negara tersebut. Turnamen yang berlangsung selama empat hari ini menyediakan total hadiah sekitar satu juta riyal Saudi (US$ 270 ribu) untuk empat tim teratas.


Ulama senior, Sheikh Adel al-Kalbani, hadir di hari pembukaan turnamen kartu tersebut pada Rabu (4/4) waktu setempat. "Sayangnya saya tidak tahu cara bermain Baloot namun saya berharap semua orang beruntung dan saya berharap ada sportivitas yang baik," ujar ulama tersebut kepada para pemain.

Baloot merupakan permainan kartu trik yang sangat populer di negara-negara Teluk, khususnya di Arab Saudi. Permainan ini memiliki kemiripan dengan permainan kartu Belote asal Prancis.


Turnamen kartu ini digelar di tengah program-program reformasi sosial berskala luas yang dilakukan otoritas Saudi, yang termasuk meningkatkan olahraga dan hiburan serta mengizinkan kaum perempuan untuk menyetir mobil.

Sebelumnya, sebagian ulama konservatif melarang permainan seperti catur dan kartu karena mereka menganggapnya sebagai gangguan bagi agama. Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman telah memimpin upaya-upaya modernisasi itu, meskipun mendapat kecaman dari pihak garis keras agama. (ita/ita)