DetikNews
Sabtu 31 Maret 2018, 04:26 WIB

Polisi di Kentucky AS Tewas Usai Ditembak Polisi Gadungan

Audrey Santoso - detikNews
Polisi di Kentucky AS Tewas Usai Ditembak Polisi Gadungan Foto: Internet
Jakarta - Phillip Meacham (38), anggota polisi di Negara Bagian Kentucky, tewas usai diserang pria berseragam polisi. Berdasarkan keterangan kepolisian setempat, pelaku adalah polisi gadungan.

"Petugas, Phillip Meacham, 38, sedang mengendarai kendaraan pribadinya di Hopkinsville ketika dia ditarik dan ditembak oleh seorang pria yang berpura-pura menjadi seorang petugas pada Kamis (29/3) malam," kata Polisi Negara Bagian Kentucky, Trooper Rob Austin, sebagaimana dilansir detikcom dari CNN yang berafiliasi dengan WSMV, Jumat (30/3/2018).

Austin menerangkan Meacham sempat dibawa ke rumah sakit pascapenyerangan. Namun nyawanya tak tertolong karena luka tembak yang dideritanya, "Meacham dibawa ke rumah sakit, tetapi dia meninggal karena luka-lukanya."

Austin melanjutkan, kepolisian lalu mengejar pelaku selama berjam-jam. Pada akhirnya pelaku yang diketahui bernama James K DeCoursey (34) dilumpuhkan lewat tembakan terarah dan terukur oleh polisi.

"Setelah pengejaran selama berjam-jam, penegak hukum menembak dan membunuh tersangka James K. DeCoursey pada Jumat pagi di luar sebuah hotel, di Clarksville, Tennessee," keterangan Biro Investigasi Tennessee.

Lokasi penangkapan DeCoursey berjarak sekitar 30 mil arah selatan Hopkinsville, tempat pelaku menyerang Meacham.

Masih berdasarkan keterangan Biro Investigasi Tennessee, DeCoursey melarikan diri setelah penembakan di Kentucky, kemudian mencuri pikap merek Chevrolet warna putih.
Beberapa agen kepolisian lalu melaporkan penampakan pikap yang dicuri DeCoursey di Clarksville.

"Kendaraan itu terparkir di depan sebuah restoran," kata Biro Investigasi Tennessee.

Polisi kemudian menerima laporan seorang pria yang mirip DeCoursey telah meminta rokok di sebuah hotel. Setelah dihampiri, polisi melihat tersangka. "Sedang berjalan kembali ke restoran," terang Biro Investigasi Tennessee.

"DeCoursey tampaknya telah berkali-kali mengabaikan perintah petugas dan situasi memanas. Akibatnya petugas menembaki DeCoursey, membunuhnya," tandas TBI masih dalam pernyataan.

Tewasnya Meacham mengundang simpati Gubernur Kentucky, Matt Bevin. Melalui cuitan di akun Twitter-nya, Bevin mengucapkan dukanya.

"Tidak ada pengorbanan yang lebih besar daripada orang yang bersedia menyerahkan hidup mereka untuk orang lain.... Terima kasih Tuhan untuk Garis Biru Tipis," tulis Bevin.
(aud/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed