Pilot Mabuk di Kokpit, Ratusan Penumpang Terlantar di Bandara

Aditya Mardiastuti - detikNews
Minggu, 25 Mar 2018 10:52 WIB
Foto: TAP Portugal (dok. Alamy via The Guardian)
Berlin - Gara-gara co-pilot ketahuan mabuk di kokpit, lebih dari 100 penumpang terlantar di Bandara Stuttgart, Jerman. Pihak maskapai pun minta maaf.

Dilansir The Guardian, Minggu (25/3/2018), maskapai TAP Air Portugal, meminta maaf akibat pembatalan penerbangan tersebut dengan alasan "karena ketidakmampuan pilot". Keterangan dari polisi menyebutkan bahwa penerbangan itu dibatalkan setelah otoritas bandara mendapat laporan dari pegawainya yang melihat si pilot berjalan sempoyongan dan bau alkohol.

Polisi kemudian masuk ke kokpit dan menemukan pria berusia 40 tahun itu dalam kondisi 'sangat mabuk' pada Jumat sore. Jaksa Stuttgart langsung menangguhkan izin terbang pilot tersebut dan jaminan sebesar 10 ribu Euro (sekitar Rp 170.330.077).


Kantor berita Jerman DPA melaporkan sekitar 106 penumpang itu kemudian diberi akomodasi hotel pada Jumat malam. Maskapai TAP melalui akun Twitternya mengatakan bahwa penumpang tersebut tidak bisa diterbangkan ke Lisbon sampai Senin, karena tidak ada kursi kosong.

Pihak maskapai memastikan akan meluncurkan investigasi internal dan akan mengambil tindakan, yang sesuai dengan aturan dan konsekuensi yang diperlukan.





(ams/tor)