DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 17:31 WIB

Selama Ini Penerbangan ke Israel Tak Boleh Lewat Saudi, Kenapa?

Rina Atriana - detikNews
Selama Ini Penerbangan ke Israel Tak Boleh Lewat Saudi, Kenapa? Maskapai Air India saat mendarat di Tel Aviv, Israel (Foto: Dok. REUTERS/Amir Cohen)
Tel Aviv - Selama ini penerbangan internasional dari dan ke Israel tak boleh melalui wilayah Arab Saudi. Setiap maskapai harus mencari rute lain. Kenapa?

Dilansir dari Reuters, Jumat (23/3/2018), hal tersebut lantaran Arab Saudi tak pernah mengakui Israel sebagai sebuah negara. Namun, awal Maret 2018 lalu, setelah 70 tahun, Saudi akhirnya memperbolehkan rute penerbangan ke Israel melewati wilayahnya.

Selama Ini Penerbangan ke Israel Tak Boleh Lewat Saudi, Kenapa?Maskapai Air India mendarat selamat di Tel Aviv, Israel (Foto: Dok. REUTERS/Amir Cohen)
Maskapai Air India mencetak sejarah dengan mendapat izin sebagai maskapai pertama yang terbang ke Israel melalui Saudi. Penerbangan itu dilakukan pada Kamis (22/3) kemarin.


Pesawat Air India dengan nomor penerbangan 139 berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Ben Guiron di Tel Aviv, Israel pada Kamis (22/3) waktu setempat. Pesawat ini menempuh penerbangan selama 7,5 jam dari New Delhi menuju Tel Aviv, dengan melewati wilayah Saudi.

Pesawat jenis Boeing 787-8 Dreamliner milik Air India memasuki wilayah udara Saudi pada Kamis (22/3) pukul 16.54 GMT. Pesawat itu mengudara di atas wilayah Saudi pada ketinggian 40 ribu kaki selama 3 jam.


Kesediaan Saudi membuka akses untuk Air India yang terbang ke Israel ini, menandai pergeseran diplomatik yang drastis. Beberapa waktu lalu, otoritas Israel menduga hal ini didorong oleh kekhawatiran bersama antara Saudi dan Israel atas semakin meluasnya pengaruh Iran di Timur Tengah.
(rna/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed