DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 19:19 WIB

Tersangka Serangan Bom ke PM Palestina Tewas Usai Ditangkap Hamas

Novi Christiastuti - detikNews
Tersangka Serangan Bom ke PM Palestina Tewas Usai Ditangkap Hamas Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah (REUTERS/Mohammed Salem/File Photo)
Gaza City - Pasukan keamanan Hamas di Jalur Gaza berhasil menangkap tersangka utama di balik percobaan pembunuhan terhadap Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah. Namun dua personel pasukan keamanan Hamas tewas dalam operasi penangkapan itu.

Pejabat senior Hamas, Salah al-Bardawil, mengumumkan penangkapan tersangka utama bersama dua kaki tangannya. Seperti dilansir Reuters dan AFP, Kamis (22/3/2018), tersangka utama yang tidak disebut identitasnya ini berhasil ditangkap setelah tempat persembunyiannya di Jalur Gaza bagian tengah dikepung pasukan keamanan Hamas pada Kamis (22/3) ini.

Baku tembak sempat terjadi dan tersangka itu dilaporkan awalnya mengalami luka-luka. Beberapa saat kemudian, seorang pejabat keamanan Hamas lainnya menyebut tersangka utama itu tewas akibat luka-luka yang dideritanya.


Satu dari dua kaki tangan si tersangka utama, juga dilaporkan tewas. Hamas itu tidak menjelaskan lebih lanjut soal motif maupun afiliasi tersangka utama yang ditangkap itu.

Dalam pernyataannya, Al-Bardawil juga menyebut ada dua personel keamanan Hamas yang tewas dalam operasi itu.

Seorang koresponden AFP melaporkan melihat langsung dua jenazah personel keamanan Hamas itu di rumah sakit setempat. Seorang pejabat kepolisian Gaza juga mengkonfirmasi kematian dua personel keamanan itu.


Perburuan tersangka utama ini sempat memicu bentrokan di Nuseirat, Gaza sebelah selatan. Puluhan pos keamanan baru didirikan Hamas di sejumlah titik terkait operasi ini. Mobil-mobil yang melintas juga diperiksa para petugas keamanan bersenjata.

Konvoi PM Hamdallah dan Kepala Keamanan Palestina, Majid Faraj, diserang ledakan bom di Gaza pada 13 Maret lalu. Baik Hamdallah maupun Faraj berhasil selamat dari ledakan itu. Namun enam pengawal Hamdallah mengalami luka-luka ringan.

Pejabat-pejabat Palestina menyebut insiden itu sebagai upaya pembunuhan PM Hamdallah. Presiden Palestina Mahmud Abbas terang-terangan menyebut kelompok Hamas yang bertanggung jawab atas serangan bom itu. Abbas pun mengancam akan menjatuhkan sanksi-sanksi baru terhadap Hamas.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed