DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 17:47 WIB

Menlu Inggris Samakan Putin dengan Hitler, Rusia: Menjijikkan!

Novi Christiastuti - detikNews
Menlu Inggris Samakan Putin dengan Hitler, Rusia: Menjijikkan! Vladimir Putin (Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin via REUTERS)
Moskow - Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson, menyamakan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Adolf Hitler. Komentar ini menuai reaksi keras dari Rusia yang menyebut komentar Johnson itu 'menjijikkan'.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Kamis (22/3/2018), komentar kontroversial itu dilontarkan Johnson saat berbicara di hadapan parlemen Inggris pada Rabu (21/3). Johnson sedang ditanyai soal kasus diracunnya eks mata-mata Rusia, Sergei Skripal, dan putrinya di Salisbury, awal bulan ini.


Dalam sesi tanya-jawab di parlemen itu, seorang anggota parlemen Inggris, Ian Austin, melontarkan dugaan bahwa Putin akan memanfaatkan pelaksanaan Piala Dunia 2018 untuk propaganda Rusia. Austin menyamakan Putin dengan Hitler yang memanfaatkan Olimpiade Berlin 1936.

"Putin akan memanfaatkannya (Piala Dunia 2018-red) seperti cara Hitler memanfaatkan Olimpiade 1936," sebut Austin.

Johnson menyatakan setuju dengan pandangan itu. "Karakterisasi Anda soal apa yang akan terjadi di Moskow di Piala Dunia, di semua lokasi -- Iya, saya pikir perbandingan dengan 1936 itu tentu tepat," ucap Johnson kepada Austin.


Disebutkan juga oleh Johnson bahwa sosok Putin akan dipuja-puja dalam Piala Dunia 2018. Tidak hanya itu, Johnson juga menyerukan Rusia menjamin keselamatan warga Inggris yang hadir saat Piala Dunia 2018 di Rusia.

Reaksi keras diberikan oleh Kremlin atau Kantor Kepresidenan Rusia.

"Ini sungguh pernyataan yang menjijikkan. Ini tidak pantas datang dari Menteri Luar Negeri negara mana pun," tegas juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, kepada wartawan.

"Tidak diragukan, ini sungguh menghina dan tidak bisa diterima," imbuh Peskov.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed