Helikopter Jatuh di Great Barrier Reef, 2 Turis AS Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 22 Mar 2018 14:04 WIB
Ilustrasi (Thinkstock)
Brisbane - Sebuah helikopter yang membawa sejumlah turis jatuh di kawasan Great Barrier Reef di Australia. Nahas, dua turis asal Amerika Serikat (AS) yang sudah lanjut usia tewas dalam insiden ini.

Seperti dilansir AFP, Kamis (22/3/2018), seorang kakek berusia 79 tahun dan nenek berusia 65 tahun tewas dalam kecelakaan nahas yang terjadi di dekat kawasan Great Barrier Reef, yang menjadi tujuan wisata populer di Pantai Airlie, Queensland.

Insiden ini terjadi pada Rabu (21/3) malam waktu setempat. Helikopter itu jatuh di dekat sebuah kapal yang sedang digunakan untuk mengamati terumbu karang di perairan Great Barrier Reef.

[Gambas:Video 20detik]



Dua penumpang lainnya, yang juga berasal dari AS, serta sang pilot helikopter berhasil selamat meski mengalami luka ringan.

Belum diketahui pasti penyebab jatuhnya helikopter ini. Inspektur Polisi setempat, Ian Haughton, menyatakan penyelidikan masih berlangsung. Menurut Haughton, penyelidikan fokus pada kondisi mesin helikopter, situasi di lokasi yang mungkin berkontribusi pada kecelakaan, juga dugaan adanya error pada helikopter itu.

Sejumlah saksi mata menuturkan bahwa orang-orang di sekitar lokasi yang juga sedang berwisata, berusaha menyelamatkan dua turis lansia itu dengan memberikan bantuan pernapasan. Petugas paramedis tidak bisa menjangkau lokasi secara cepat, karena bermarkas di kawasan Whitsunday yang berjarak 1 jam dari lokasi.


Sayang, upaya untuk menyelamatkan dua turis tidak tidak berhasil. "Simpati mendalam saya untuk mereka yang kehilangan nyawa dan mereka yang mengalami luka-luka," ucap Wali Kota Whitsunday, Andrew Willcox, kepada media Australia, ABC.

(nvc/rna)