DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 15:25 WIB

Majikan Penyiksa TKI di Malaysia Menghilang

Novi Christiastuti - detikNews
Majikan Penyiksa TKI di Malaysia Menghilang Rozita Mohamad Ali (kiri), majikan yang tak dihukum bui usai menyiksa TKI Suyanti (Change.org)
FOKUS BERITA: TKI Dipancung di Saudi
Kuala Lumpur - Rozita Mohamad Ali, majikan yang menyiksa Suyanti Sutrisno, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia, tidak muncul dalam sidang banding yang digelar Rabu (21/3) ini. Jaksa Malaysia kini sedang memburu Rozita yang menghilang.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, Malay Mail Online, dan Channel News Asia, Rabu (21/3/2018), Rozita (44) dan seseorang penjaminnya tidak hadir dalam sidang banding yang digelar hari ini. Ketua tim jaksa Selangor, Muhamad Iskandar Ahmad, menyatakan tim jaksa telah melakukan berbagai upaya untuk mencari Rozita dan penjaminnya, yang tidak disebut identitasnya. Panggilan telepon ke ponsel penjamin Rozita tidak dijawab.

Tim jaksa juga mendatangi dua rumah Rozita yang tercatat oleh pengadilan. Dua rumah itu ada di Petaling Jaya, Selangor dan di Melaka. Saat didatangi jaksa, kedua rumah Rozita itu dalam keadaan kosong.

"Kami juga mendatangi alamat penjaminnya," ucap jaksa Muhammad Iskandar kepada hakim Datuk Seri Tun Abd Majid Tun Hamzah yang memimpin sidang banding. "Pertama, ada masalah, kemudian kami masuk ke dalam rumah dan rumah penjamin dalam keadaan kosong," imbuhnya. Jaksa Muhammad Iskanda menyebut timnya mendatangi rumah penjamin Rozita sebanyak dua kali dan tidak membuahkan hasil.


Tidak hanya itu, jaksa Muhammad Iskandar juga menuturkan bahwa tim pengacara Rozita telah memberitahu tim jaksa sehari sebelum sidang banding, bahwa mereka tidak lagi mewakili Rozita.

Hakim Tun Abd Majib lantas memberi waktu seminggu kepada tim jaksa untuk melacak keberadaan Rozita dan menghadirkannya bersama si penjamin dalam sidang. Persidangan selanjutnya akan digelar pada 29 Maret mendatang.

Rozita dinyatakan bersalah telah menganiaya Suyanti (19), TKI asal Sumatra Utara, dengan pisau dapur, tongkat pel, gantungan baju dan payung tahun 2016 lalu. Suyanti mengalami sejumlah luka-luka di kepala, tangan, kaki dan organ dalam tubuhnya.

Rozita sendiri telah mengaku bersalah atas dakwaan melukai Suyanti. Namun dia lolos dari hukuman penjara dalam sidang vonis di Petaling Jaya pekan lalu. Dia hanya dihukum wajib berbuat baik selama 5 tahun dan didenda sebesar 20 ribu ringgit, atau setara Rp 70 juta.


Putusan hakim pengadilan Petaling Jaya itu memicu kemarahan publik Malaysia. Mulai dari warga biasa hingga anggota parlemen Malaysia menyerukan dilakukannya pengkajian ulang atas vonis Rozita, karena dianggap terlalu ringan.


(nvc/ita)
FOKUS BERITA: TKI Dipancung di Saudi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +