Jika Afrika Terbelah Dua, Begini Bentuknya

Rina Atriana - detikNews
Rabu, 21 Mar 2018 14:35 WIB
Retakan tanah di Kenya (Foto: Dok. Kenyans.co.ke)
Nairobi - Retakan di dekat Ibu Kota Kenya, Nairobi, diprediksi bisa membuat Benua Afrika terbelah dua. Afrika akan terbagi menjadi dua lempeng utama yakni lempeng Nubia dan lempeng Somalia.

Lempeng Nubia mencakup sebagian besar benua Afrika, sedangkan lempeng Somalia mencakup luas wilayah yang lebih kecil.

Berdasarkan foto ilustrasi dari media Ghana, Joy Online, Rabu (21/3/2018), tampak 'benua baru' yang terpisah dari daratan Afrika memiliki bentuk memanjang. 'Benua baru' ini terdiri dari Kenya, Somalia, Tanzania, dan setengah dari Ethiopia.

Jika Afrika Terbelah Dua, Begini BentuknyaFoto: Dok. Media Ghana Joy Online
Retakan di Jalan Mai Mahiu yang sibuk membuat lalu lintas di sekitar Nairobi terdampak masalah. Selain itu ambruknya tanah juga 'menelan' semua air di kawasan yang dilaluinya.


Belahan daratan lempeng Somalia akan bergerak mendekati Madagaskar. Dua daratan Afrika itu akan dipisahkan oleh samudera.

Dilansir dari media Kenya, Kenyans.co.ke, perpecahan daratan ini akan selesai dalam 50 juta tahun. Saat ini prosesnya diperkirakan telah berlangsung 25 juta tahun.

Ahli geologi memperkirakan lempeng Somalia telah bergerak menjauh dari lempeng Nubia dengan laju 2,4 sentimeter per tahun. Aktivitas saling mendorong atau menarik di kerak bumi menyebabkan batu meluncur ke atas atau ke bawah.

(rna/ita)