DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 11:38 WIB

Usai Tikam Mati Pria Israel, Warga Palestina Tewas Ditembak

Rita Uli Hutapea - detikNews
Usai Tikam Mati Pria Israel, Warga Palestina Tewas Ditembak Foto: detik
Yerusalem - Seorang warga Palestina menikam seorang petugas keamanan Israel hingga tewas di Kota Tua Yerusalem. Pria Palestina itu kemudian ditembak mati oleh seorang polisi Israel.

Dalam insiden yang terjadi pada Minggu (18/3) waktu setempat itu, petugas keamanan Israel sempat dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi serius setelah ditikam. Namun seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (19/3/2018), pihak rumah sakit kemudian menyatakan bahwa dia tewas akibat luka tikaman. Tidak disebutkan identitas pria Israel tersebut, namun media Israel melaporkan pria tersebut berumur 30-an tahun. Dia dilaporkan sedang tidak bertugas di saat kejadian.



Juru bicara kepolisian Israel Micky Rosenfeld mengkonfirmasi bahwa pelaku penikaman telah tewas ditembak. Badan keamanan domestik Israel, Shin Bet mengidentifikasi pelaku penikaman sebagai Abdul Rahmani Faddal, seorang pria Palestina berumur 28 tahun yang merupakan ayah dari dua anak. Pria tersebut berasal dari Aqraba, dekat kota Nablus di utara Tepi Barat.


Insiden ini terjadi menyusul aksi penabrakan dengan mobil oleh seorang warga Palestina di dekat Jenin di utara Tepi Barat. Militer Israel menyatakan, dua tentara Israel tewas dalam insiden itu dan dua orang lainnya luka-luka.


Ketegangan di wilayah tersebut meningkat setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan pengakuan resmi pemerintah AS atas status Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Pengumuman Trump tersebut bertolak belakang dengan kebijakan pemerintah AS selama puluhan tahun bahwa status Yerusalem akan dinegosiasikan antara pihak-pihak terkait.

Berbagai aksi demo di banyak negara pun terjadi. Mereka menentang keputusan Trump soal Yerusalem. Setidaknya 32 warga Palestina dan 4 warga Israel telah tewas dalam berbagai kekerasan sejak pengumuman Tump tersebut.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed