DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 11:03 WIB

Ditanya Akan Calonkan Diri Lagi di Pilpres 2030, Putin Tertawa

Novi Christiastuti - detikNews
Ditanya Akan Calonkan Diri Lagi di Pilpres 2030, Putin Tertawa Vladimir Putin (Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin via REUTERS)
Moskow - Presiden Rusia, Vladimir Putin, hanya tertawa saat ditanya apakah dirinya akan kembali mencalonkan diri untuk pilpres 2030 mendatang. Putin baru saja dinyatakan menang pilpres dan akan menjabat untuk enam tahun ke depan.

Seperti dilansir Reuters dan media lokal Rusia, Russian Times atau RT, Senin (19/3/2018), Putin menggelar sesi tanya-jawab dengan para wartawan lokal usai dinyatakan menang pilpres pada 18 Maret lalu. Putin menang telak dengan meraup 75,9 persen suara. Putin tertawa saat ditanya salah satu wartawan soal apakah dirinya akan kembali mencalonkan diri dalam 2030 mendatang.

"Mari kita hitung. Apakah Anda pikir saya akan menjabat hingga saya berusia 100 tahun?" ucap Putin menjawab pertanyaan tersebut.


Putin akan berusia 72 tahun saat mengakhiri masa jabatannya tahun 2024 mendatang. Setelah itu, Putin tidak bisa mencalonkan diri kembali dalam pilpres. Konstitusi Rusia membatasi masa jabatan presiden hanya untuk dua periode secara berurutan.

Putin diketahui telah menjabat Presiden Rusia selama tiga periode, yakni tahun 2000-2004, 2004-2008, dan 2012-2018. Masa jabatan Presiden Rusia diperpanjang dari 4 tahun menjadi 6 tahun sejak tahun 2008 lalu.

Konstitusi Rusia tidak mengatur batasan berapa kali seseorang bisa terus mencalonkan diri menjadi presiden setelah pernah menjabat selama dua periode sebelumnya. Putin masih bisa mencalonkan diri dalam pilpres tahun 2030 mendatang. Saat itu Putin berusia 78 tahun.

"Saya tidak merencanakan reformasi konstitusional sekarang," ucap Putin dalam sesi tanya-jawab ini.


Saat ditanya lagi apakah dirinya akan kembali mencalonkan diri pada pilpres tahun 2030, sembari tertawa Putin pun menjawab: "Dengar, bagi saya sepertinya apa yang Anda katakan sedikit lucu."

Dalam pemilihan presiden 2018 ini, Putin dinyatakan menang telak atas tujuh penantang lainnya. Salah satu penantang Putin, jutawan Pavel Grudinin (57) dari Partai Komunis Federasi Rusia, berada di posisi kedua dengan 13 persen suara. Sedangkan Vladimir Zhirinovsky (71) dari Partai Liberal Demokratik Rusia (LDPR) hanya meraup 6 persen suara. Lima penantang lainnya hanya meraup sedikit dukungan publik dalam pilpres ini.

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed