DetikNews
Kamis 15 Maret 2018, 02:29 WIB

Kontak Diplomatik Disetop, Rusia: Inggris Ingin Konfrontasi

Dhani Irawan - detikNews
Kontak Diplomatik Disetop, Rusia: Inggris Ingin Konfrontasi Ilustrasi bendera Rusia (Foto: Dok. Anadolu Agency)
Moskow - Rusia menanggapi gertakan Perdana Menteri (PM) Inggris Theresa May yang akan mengusir diplomat Rusia terkait kasus percobaan pembunuhan eks mata-mata Sergei Skripal. Rusia menyebut Inggris memilih cara konfrontasi yang akan diladeninya.

"Pemerintah Inggris telah memilih langkah konfrontasi dengan Rusia," ujar sebuah pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Rusia seperti dilansir Reuters, Kamis (15/3/2018).

Sebelumnya PM May menyebut Inggris akan menghentikan sementara kontak bilateral dengan Rusia juga membekukan aset-aset milik Pemerintah Rusia. Selain itu, keputusan penghentian komunikasi ini berlaku untuk rencana kunjungan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, ke Inggris dan kehadiran delegasi Inggris untuk Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juni mendatang. Apa tanggapan Rusia?

"Keluarga kerajaan tidak akan datang. Saya tidak tahu bagaimana menanggapinya, entah bagaimana kami harus berani melaluinya," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharov.

Sebelumnya, Pemerintah Inggris mengambil langkah tegas terhadap Rusia terkait kasus percobaan pembunuhan Sergei Skripal. Inggris akan menghentikan sementara kontak bilateral dengan Rusia juga membekukan aset-aset milik Pemerintah Rusia. Inggris juga mengumumkan pengusiran 23 diplomat Rusia terkait kasus Skripal.

Skripal (66) dan putrinya, Yulia (33), masih kritis di rumah sakit usai ditemukan tak sadarkan diri di Salisbury, Inggris bagian selatan pada 4 Maret lalu. Otoritas Inggris telah menyatakan keduanya diracun dengan gas saraf jenis Novichok. Insiden ini diselidiki sebagai percobaan pembunuhan.

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed