DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 13:03 WIB

Banjir Mulai Surut, Buaya Mengancam Warga Queensland

Novi Christiastuti - detikNews
Banjir Mulai Surut, Buaya Mengancam Warga Queensland Rumah warga di Ingham, Queensland bagian utara terendam banjir (Foto: AAP/Dan Peled/via REUTERS)
Queensland - Banjir yang menerjang negara bagian Queensland, Australia mulai surut. Namun ada bahaya baru mengancam warga setempat, yakni keberadaan para buaya.

Seperti dilansir Reuters, Senin (12/3/2018), buaya-buaya ini menjadi tamu tak diundang di Kota Ingham, mengarah ke ujung timur laut Australia. Penampakan buaya di kawasan yang dilanda banjir ini dilaporkan oleh sejumlah warga lokal. Beberapa bahkan memposting fotonya ke media sosial.

Banjir besar di Queensland dipicu oleh hujan deras selama empat hari yang membuat sungai-sungai setempat meluap dan menggenangi padang rumput setempat juga kawasan permukiman.


Dituturkan Toby Millyard, selaku peneliti buaya di Kebun Binatang Australia di Queensland, bahwa reptil ini kerap memanfaatkan air banjir untuk bergerak ke area lain dan mencari makanan.

"Beberapa ekor buaya sangat senang saat hujan turun dan mereka menggunakan aliran air untuk bergerak; mereka merupakan hewan yang sangat cerdas," sebut Millyard via telepon.

"Tapi mereka sangat mudah untuk dijauhi. Asalkan Anda tidak berada di dalam air atau berdiri di tepi air, maka Anda harusnya baik-baik saja," imbuhnya.


Pada Minggu (11/3) pagi waktu setempat, sekelompok siswa dan guru yang terjebak banjir, berhasil diselamatkan dari area kemah di selatan kota Tully, Queensland.

Otoritas negara bagian Queensland menyatakan area yang terkena banjir sebagai zona 'bencana'. Sedangkan Dewan Asuransi Australia menyatakannya sebagai 'malapetaka', yang berarti klaim asuransi akan diproses secara cepat.

Sementara itu, Premier negara bagian Queensland, Annastacia Palaszczuk, menyatakan dibutuhkan waktu beberapa minggu untuk mencari tahu besarnya kerusakan akibat banjir, khususnya terhadap panen pisang dan tebu.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed