DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 09:53 WIB

Helikopter Jatuh di Sungai New York, 2 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Helikopter Jatuh di Sungai New York, 2 Orang Tewas Ilustrasi (REUTERS/Mike Segar)
New York - Sebuah helikopter jatuh di Sungai Timur, Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS). Sedikitnya dua orang tewas dalam insiden ini.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (12/3/2018), helikopter berwarna merah jenis Eurocopter AS350 ini jatuh ke sebuah sungai dekat kawasan Upper East Side, dekat 90th Sreet, New York, pada Minggu (11/3) malam sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

Ada enam orang, termasuk sang pilot, yang berada di dalam helikopter itu saat insiden terjadi.

"Pilot membebaskan dirinya sendiri, kelima orang lainnya tidak," ucap Komisioner Dinas Pemadam Kebakaran setempat, Daniel Nigro, dalam konferensi pers. "Kami diberitahu bahwa lima orang itu terikat erat dengan sabuk pengaman yang harus dipotong dan dilepaskan," imbuhnya.


Para penyelam bergegas ke lokasi untuk menyelamatkan para penumpang. Nahas, dua orang di antaranya dinyatakan tewas di lokasi kejadian. Tiga orang lainnya dilarikan ke rumah sakit setempat dalam kondisi kritis. Nigro menyebut, arus sungai cukup deras dan suhu udara sangat dingin saat insiden ini terjadi.

Helikopter itu diketahui merupakan milik perusahaan tur wisata Liberty Helicopters. Perusahaan itu biasa menggelar tur udara di sekitar New York.

Kepala Kepolisian New York, James O'Neill, menyebut helikopter itu sedang disewa oleh sejumlah fotografer saat insiden terjadi. O'Neill menyebut helikopter ini sedang disewa untuk 'photo shoot' saat kecelakaan terjadi.

Penyebab jatuhnya helikopter ini belum diketahui pasti. Namun media lokal mengindikasikan sang pilot sempat mengirim sinyal bahaya yang menyebut ada masalah mesin sesaat sebelum helikopter jatuh. Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) masih menyelidiki insiden ini secara menyeluruh.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed