Terjebak Baku Tembak di Kamp Bangladesh, Pria Rohingya Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 09 Mar 2018 17:04 WIB
Ilustrasi -- kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh (REUTERS/Mohammad Ponir Hossain)
Dhaka - Seorang pria Rohingya tewas tertembak di salah satu kamp pengungsian yang penuh sesak di Bangladesh. Pria Rohingya ini terjebak baku tembak antar kelompok geng setempat.

Dituturkan Kepolisian Bangladesh, seperti dilansir AFP, Jumat (9/3/2018), pria bernama Hossain Ali (32) ini tewas saat terjebak dalam keributan yang dipicu narkoba di kamp Naypara dekat Teknaf, yang menjadi lokasi pengungsian ratusan ribu Rohingya dari Myanmar.

Para pengungsi di kamp Rohingya menuturkan kepada AFP bahwa mereka mendengar sedikitnya 10 suara tembakan pada Kamis (8/3) pagi waktu setempat. Kepolisian setempat tidak menyita senjata yang digunakan dalam baku tembak itu.


Namun Kepala Kepolisian Teknaf, Ranjit Kumar Barua, mengkonfirmasi Ali 'terjebak dalam baku tembak dan tewas'.

Ditambahkan Barua bahwa seorang pria bernama Nurul Alam, yang merupakan tersangka kejahatan yang diduga terkait militan Rohingya, terkena tembakan tapi berhasil kabur.

Dalam keterangan terpisah, seorang pemimpin komunitas Rohingya, Mirza Ghalib, menyatakan keyakinannya bahwa baku tembak itu dipicu oleh 'yaba', nama lokal untuk pil methamphetamine yang populer di Bangladesh.


Polisi setempat menyebut sebagian besar narkoba masuk ke Bangladesh dari Myanmar melalui warga Rohingya yang menjadi penyelundup. Terkadang narkoba itu disembunyikan di bawah kapal nelayan.

Beberapa pekan terakhir, polisi menangkap beberapa pengungsi Rohingya yang kedapatan memiliki sejumlah besar narkoba.

(nvc/nkn)