DetikNews
Kamis 08 Maret 2018, 12:16 WIB

Gaji Dinaikkan, 500-an Dokter di Kanada Malah Bikin Surat Protes

Novi Christiastuti - detikNews
Gaji Dinaikkan, 500-an Dokter di Kanada Malah Bikin Surat Protes Ilustrasi (Thinkstock)
Quebec - Lebih dari 500 dokter di Quebec, Kanada ramai-ramai memprotes kenaikan gaji yang akan mereka terima. Lewat surat terbuka, para dokter ini mengaku merasa tersinggung gajinya dinaikkan, sementara para perawat juga pasien mereka berjuang menjalani kehidupan.

Seperti dilansir media CNBC, Kamis (8/3/2018), surat terbuka berbahasa Prancis yang berjudul 'Kami meminta pembatalan kenaikan gaji' itu telah ditandatangani oleh lebih 500 dokter di wilayah Quebec, Kanada.

Tercatat ada 420 dokter, terdiri dari 224 dokter umum dan 196 dokter spesialis, kemudian 157 dokter residen dan 165 koas atau mahasiswa kedokteran yang menandatangani surat terbuka ini hingga Kamis (8/3) waktu setempat.

"Kami, para dokter Quebec yang meyakini sistem publik yang kuat, menentang kenaikan gaji terbaru yang dirundingkan oleh federasi medis kami," demikian bunyi surat yang diposting melalui situs asosiasi dokter Medecins Quebecois pour le Regime Public (MQRP).


Kelompok MQRP yang beranggotakan para dokter di Quebec ini, menyatakan pihaknya tersinggung atas kenaikan gaji yang akan mereka terima, ketika perawat dan pasien mengalami perjuangan keras dalam hidup masing-masing.

"Kenaikan gaji ini mengejutkan karena para perawat, staf administrasi dan profesional lainnya menghadapi situasi kerja yang sangat sulit, sementara para pasien kami hidup dengan kurangnya akses pada layanan yang dibutuhkan karena pemotongan drastis dalam beberapa tahun terakhir dan sentralisasi kekuasaan dalam Kementerian Kesehatan," demikian surat terbuka yang dirilis sejak 25 Februari lalu.

"Satu-satunya hal yang tampaknya kebal terhadap pemotongan adalah remunerasi kami," imbuh surat itu.


Para dokter yang menandatangani surat terbuka ini meminta agar anggaran untuk kenaikan gaji mereka diarahkan untuk sistem kesehatan publik.

"Kami, para dokter Quebec, meminta agar kenaikan gaji untuk para dokter dibatalkan dan agar sumber daya sistem lebih baik disalurkan untuk kesejahteraan para pekerja layanan kesehatan dan untuk layanan kesehatan yang layak bagi warga Quebec," demikian bunyi penggalan surat terbuka itu.

Seorang dokter di Kanada mendapat gaji 339 ribu dolar (Rp 3,5 miliar) Kanada per tahun. Besaran itu ditetapkan Kementerian Kesehatan Kanada seperti dilaporkan Institut Informasi Kesehatan Kanada pada September 2017. Rata-rata, seorang dokter keluarga yang menangani pasien segala umur digaji 275 ribu dolar Kanada (Rp 2,8 miliar) per tahun dan seorang dokter spesialis bedah digaji 461 ribu dolar Kanada (Rp 4,8 miliar) per tahun.

Institut Informasi Kesehatan Kanada menyebut besaran gaji itu merupakan total gaji kotor per tahun. Besaran gaji yang diterima setiap dokter di Kanada jumlahnya tidak bisa disama-ratakan. Tidak diketahui pasti besaran kenaikan gaji yang diprotes para dokter di Kanada ini.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed