DetikNews
Senin 26 Februari 2018, 12:27 WIB

Powerbank Terbakar di Kabin, Pesawat Maskapai China Ditunda 3 Jam

Novi Christiastuti - detikNews
Powerbank Terbakar di Kabin, Pesawat Maskapai China Ditunda 3 Jam Momen saat powerbank terbakar di kabin pesawat China Southern Airlines (Weibo/Channel News Asia)
Beijing - Sebuah powerbank alias charger portabel tiba-tiba terbakar di dalam kabin pesawat China Southern Airlines dan memicu kepanikan. Powerbank yang terbakar itu diletakkan di dalam kompartemen di atas tempat duduk penumpang.

Seperti dilansir media Malaysia, The Star, Senin (26/2/2018), insiden ini terjadi saat pesawat masih boarding di Bandara Internasional Baiyun Guangzhou. Dampaknya, penerbangan tujuan Shanghai dengan nomor CZ3539 itu ditunda selama tiga jam.

Dalam pernyataan via akun Weibo resminya, maskapai China Southern Airlines menyebut ada tas di kabin penumpang yang mengeluarkan asap dan api saat proses boarding berlangsung pada Minggu (25/2) sore waktu setempat.

Api yang muncul berhasil dipadamkan dengan cepat oleh petugas pemadam kebakaran bandara dan petugas keamanan. Tidak ada korban luka dalam insiden ini.

Pesawat jenis Boeing 777-300ER itu dilaporkan hanya mengalami kerusakan ringan pada kabinnya. Para penumpang pesawat itu akhirnya dipindahkan ke pesawat pengganti yang terbang ke Bandara Internasional Hongqiao Shanghai.

Penyelidikan awal menunjukkan api yang muncul disebabkan oleh sebuah pengisi daya atau powerbank. Perangkat pengisi daya itu tidak sedang digunakan saat insiden terjadi.

Charger portabel itu disimpan di dalam tas yang diletakkan di kompartemen kabin di atas tempat duduk penumpang. Pemilik tas itu, yang tidak disebut identitasnya, dilaporkan bersedia bekerja sama dalam penyelidikan.

Sementara itu, sebuah video yang beredar secara online menunjukkan momen saat api berkobar di atas sebuah tas hitam di dalam kompartemen kabin yang terbuka. Asap pekat menyelimuti bagian dalam kabin. Seorang pramugari dan satu penumpang terlihat berusaha memadamkan api itu dengan beberapa botol air dan jus.

Powerbank dan baterai lithium-ion -- yang banyak digunakan dalam perangkat laptop dan mainan -- biasanya harus dibawa ke dalam kabin dan tidak bisa dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Diberlakukan juga pembatasan besaran watt per jam untuk perangkat semacam itu.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed