DetikNews
Sabtu 24 Februari 2018, 12:25 WIB

PM Najib Diejek karena Berhenti Makan Nasi dan Beralih ke Quinoa

Rita Uli Hutapea - detikNews
PM Najib Diejek karena Berhenti Makan Nasi dan Beralih ke Quinoa Najib Razak (Foto: REUTERS/Erik De Castro)
Kuala Lumpur - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menjadi bahan pergunjingan warganet setelah mengatakan bahwa dirinya telah berhenti makan nasi dan beralih ke quinoa yang lebih mahal.

Komentar tersebut disampaikan Najib saat berkunjung ke sebuah rumah sakit. "Saya tidak makan nasi. Saya makan quinoa. Putra saya yang memperkenalkan itu," ujar Najib seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (24/2/2018).

Najib pun menjelaskan bahwa quinoa mengandung lebih sedikit karbohidrat dan gula. "Itu lebih baik daripada nasi," tuturnya.

Selama ini Najib yang akan kembali maju dalam pemilihan umum mendatang, sering kali diserang karena gaya hidupnya yang mewah, sementara rakyat kebanyakan mengeluh tentang kenaikan biaya hidup dan tuduhan korupsi yang mengelilinginya.

Komentarnya mengenai quinoa banyak dibahas warganet Malaysia yang mengaku belum pernah mendengar tentang quinoa. Quinoa merupakan sejenis biji-bijian yang dianggap sebagai makanan kesehatan. Makanan berbasis protein ini tumbuh di Amerika Serikat dan sangat populer di Eropa dan Amerika Utara.

Mantan perdana menteri Mahathir Mohamad pun ikut berkomentar dengan menyatakan dukungannya untuk beras yang merupakan makanan tradisional Malaysia. "Saya hanya makan beras lokal," ujar Mahathir dalam cuitan di Twitter.

Seorang pemimpin oposisi lainnya, Lim Kit Siang, mengatakan bahwa dirinya tak pernah mendengar quinoa. "Pemilihan umum ke-14 adalah antara quinoa vs beras; pemerintahan bersih vs kleptokrasi; dan Najib vs rakyat Malaysia," ujar Lim mengejek Najib dalam sebuah statemen.

Pihak kantor Najib merespons dengan menyatakan bahwa "pihak-pihak tertentu" telah memanipulasi komentarnya. Ditegaskan bahwa quinoa merupakan bagian dari diet sehat Najib dan telah direkomendasikan oleh dokter.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed