DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 18:04 WIB

Ambil Foto Bugil Selingkuhannya Tanpa Izin, Gubernur Missouri Diadili

Novi Christiastuti - detikNews
Ambil Foto Bugil Selingkuhannya Tanpa Izin, Gubernur Missouri Diadili Eric Greitens (St. Louis Metropolitan Police Dept./Handout via REUTERS)
Missouri - Gubernur Missouri, Eric Greitens, dijerat dakwaan menginvasi privasi orang lain setelah mengambil foto bugil bekas selingkuhannya tanpa izin. Greitens mulai diadili usai ditangkap terkait dugaan pemerasan terhadap wanita bekas selingkuhannya itu.

Dilaporkan surat kabar lokal St Louis Post-Dispatch dan dilansir AFP, Jumat (23/2/2018), Greitens (43) ditangkap pada Kamis (22/2) waktu setempat usai dewan juri pengadillan merilis dakwaan pidana berat terkait tudingan dia memeras seorang wanita yang pernah menjalin hubungan dengannya.

Greitens yang telah beristri ini telah mengakui dirinya menjalin hubungan dengan wanita lain tahun 2015. Perselingkuhan terjadi sebelum dia menjabat sebagai Gubenur negara bagian Missouri. Dia mulai didakwa pada Kamis (22/2), hari yang sama usai dia ditangkap.

Menurut St Louis Post-Dispatch, Greitens mengambil foto wanita selingkuhannya saat berhubungan intim dan mengancam akan mempublikasikan foto itu jika hubungan gelap mereka terbongkar ke publik. Greitens telah menyangkal tudingan ini.

Dokumen dakwaan menyebut Greitens 'secara sadar mengambil foto' wanita yang tidak disebut identitasnya itu dalam kondisi 'telanjang penuh atau sebagian tanpa sepengetahuan atau izin wanita itu'.

"Terdakwa kemudian memindahkan gambar itu dalam cara yang memungkinkan (orang lain) akses ke gambar itu via komputer," sebut dakwaan untuk Greitens. Media AS, New York Times, menyebut pemindahan foto itu masuk delik dakwaan kejahatan berat dibandingkan kejahatan ringan.

"Seperti saya nyatakan sebelumnya, penting bagi warga kota St Louis dan negara bagian kita untuk memiliki keyakinan pada pemimpin mereka. Mereka harus tahu bahwa Kantor Jaksa akan meminta pejabat publik bertanggung jawab dengan cara yang sama seperti warga lainnya di kota kita," tegas jaksa St Louis, Kimberly Gardner, yang menangani kasus ini.

Dalam keterangan kepada televisi lokal, Greitens menyangkal telah memeras bekas selingkuhannya. Dia juga menegaskan tidak akan mundur dari jabatannya sebagai Gubernur Missouri selama kasus hukumnya berproses.

"Tidak ada pemerasan. Tidak ada bukti. Kesalahan yang saya lakukan adalah saya menjalin hubungan konsensual dengan seorang wanita yang bukan istri saya," tegas Greistens kepada televisi lokal KTVI.

Pengacara Greitens menyebut dakwaan pidana untuk kliennya ini 'tidak berdasar' dan bersumpah akan mengajukan mosi untuk menggugurkannya. Sidang kasus ini akan dilanjutkan pada 16 Maret mendatang.


(nvc/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed