DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 09:36 WIB

Lebih dari 100 Anak Perempuan Nigeria Hilang Usai Serangan Boko Haram

Rita Uli Hutapea - detikNews
Lebih dari 100 Anak Perempuan Nigeria Hilang Usai Serangan Boko Haram seorang remaja Nigeria yang pernah diculik Boko Haram (Foto: Nigeria Military/Handout via REUTERS)
Abuja - Lebih dari 100 anak-anak perempuan hilang di Nigeria, dua hari setelah kelompok radikal Boko Haram menyerang sekolah mereka. Ini menimbulkan ketakutan akan terulangnya kembali penculikan anak-anak sekolah di Chibok tahun 2014 yang menggemparkan dunia.

Para militan Boko Haram menyerang Sekolah Menengah Sains Puteri Pemerintah di Dapci, negara bagian Yobe pada Senin (19/2) malam waktu setempat. Warga lokal awalnya mengatakan bahwa para pelajar dan guru-guru mereka melarikan diri dari sekolah khusus puteri tersebut.

Namun kemudian muncul kekhawatiran mengenai keberadaan para siswi. Menurut salah seorang murid yang berhasil lolos, kemungkinan mereka telah dibawa oleh para militan Boko Haram.

"Kami punya banyak alasan untuk menduga bahwa mereka telah dibawa para penyerang," kata Aisha Yusuf Abdullahi (16) yang telah kembali ke rumahnya di Potiskum, Yobe, seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (22/2/2018).

Para orangtua yang cemas berkumpul di sekolah tersebut pada Rabu (21/2) untuk meminta penjelasan. Saat ini jumlah anak-anak perempuan yang hilang masih simpang-siur.

Gubernur negara bagian Yobe, Ibrahim Gaidam mengatakan lebih dari 50 murid belum ditemukan saat ini. Namun menurut kepala kepolisian negara bagian tersebut, Abdulmaliki Sumonu, sebanyak 111 murid hilang.

"815 pelajar kembali ke sekolah dan terlihat, dari total 926 pelajar di sekolah itu," ujar Sumonu. "Sisanya menghilang. Sejauh ini belum ada kasus penculikan yang ditetapkan," ujarnya kepada para wartawan di Damaturu, ibu kota negara bagian Yobe.

Sebelumnya pada April 2014 silam, Boko Haram menggemparkan dunia saat mereka menculik 276 anak-anak perempuan dari sekolah mereka di Chibok, negara bagian Borno, yang bertetangga dengan Yobe. Kemudian sebanyak 57 anak di antaranya berhasil melarikan diri, dan sejak Mei 2017, sebanyak 107 anak berhasil lolos ataupun telah dibebaskan sebagai bagian dari kesepakatan yang dimediasi pemerintah Nigeria.

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed