3 Polisi Iran Tewas Ditabrak Bus Saat Aksi Protes Sekte Sufi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 20 Feb 2018 11:52 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Teheran - Tiga polisi Iran tewas dalam serangan bus maut di ibu kota Teheran, saat berlangsung aksi protes oleh sebuah sekte Sufi.

"Tiga perwira polisi menjadi martir di jalanan dalam serangan keji menggunakan sebuah bus," kata juru bicara kepolisian Iran, Saeed Montazer Almehdi pada kantor berita resmi Iran, IRNA dan dilansir AFP, Selasa (20/2/2018).

Tayangan televisi Iran menunjukkan momen ketika sebuah bus menabrak sekelompok polisi di Teheran utara. Saat kejadian pada Senin (19/2) waktu setempat tersebut, para anggota Sufi Gonabadi Iran tengah menggelar unjuk rasa untuk memprotes penangkapan para anggota sekte mereka.

Kepolisian Iran menyatakan, tembakan-tembakan dilepaskan polisi untuk membubarkan massa demonstran. Sejumlah demonstran ditangkap dalam insiden itu.

Kantor berita Iran lainnya, Fars melaporkan, beberapa polisi juga terluka dalam serangan bus tersebut dan telah dilarikan ke rumah sakit.

Gonabadi merupakan salah satu sekte Sufi terbesar di Iran, yang berasal dari provinsi Khorasan Razavi di Iran timur laut, namun keberadaannya terdapat di berbagai kota di Iran. (ita/ita)