DetikNews
Sabtu 17 Februari 2018, 04:20 WIB

FBI Terima Laporan Soal Penembak di Florida Namun Gagal Bertindak

Danu Damarjati - detikNews
FBI Terima Laporan Soal Penembak di Florida Namun Gagal Bertindak FBI (YURI GRIPAS/ AFP PHOTO)
Jakarta - FBI mengatakan sempat menerima peringatan detail tentang penembak sekolah di Florida, Nikolas Cruz, pada bulan lalu. Namun FBI gagal bertindak.

Dilansir AFP, Sabtu (17/2/2018), pernyataan FBI itu dikeluarkan pada Jumat (16/2) waktu setempat.

"Pada 5 Januari 2018, seseorang yang dekat dengan Nikolas Cruz mengontak sambungan akses publik FBI untuk meminta perhatian tentang dia," kata FBI dalam sebuah pernyataan.

"Penelpon menyediakan informasi tentang kepemilikan senjata api Cruz, keinginan untuk membunuh orang, perilaku aneh, dan unggahan sosial media yang mengganggu, juga potensi melakukan penembakan di sekolah," kata FBI.

Cruz adalah remaja 19 tahun yang menembak mati 17 orang di sekolah tingkat atas di Parkland, Florida, pada Rabu (14/2) kemarin menggunakan senapan bergaya AR-15 yang dia beli secara legal.

Cruz punya catatan perilaku buruk. Dia dikeluarkan dari sekolahnya pada tahun lalu karena tindakan inidisipliner.

FBI mengatakan kabar dari penelpon itu "seharusnya didalami sebagai ancaman nyata terhadap kehidupan" dan diteruskan ke kantor lapangan FBI Miami. Itu tak dilakukan, dan "tak ada investigasi lanjutan yang dijalankan pada saat itu."

Direktur FBI Christopher Wray mengatakan dia bertekad untuk mencari tahu akar masalah ini. "Kami telah berbicara dengan para korban dan keluarga, dan sangat menyesal dengan kesedihan tambahan yang disebabkan oleh tragedi mengerikan ini," kata Wray.
(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed