DetikNews
Jumat 16 Februari 2018, 16:06 WIB

Insiden Bugil Sambil Mabuk, 3 Perwira Senior AS di Jepang Dipecat

Novi Christiastuti - detikNews
Insiden Bugil Sambil Mabuk, 3 Perwira Senior AS di Jepang Dipecat Ilustrasi (REUTERS/Mike Segar)
Tokyo - Tiga perwira senior pada militer Amerika Serikat (AS) yang ditugaskan di Jepang, dipecat karena perilaku buruk. Salah satu dari mereka ditemukan berkeliaran dalam keadaan mabuk dan bugil.

Seperti dilansir AFP, Jumat (16/2/2018), ketiga tentara yang dipecat itu merupakan bagian dari Angkatan Laut AS yang ditugaskan di Okinawa, Jepang. Pemecatan dilakukan terkait insiden yang terjadi pada 12 Februari lalu.

Pihak Angkatan Laut AS tidak menjelaskan lebih detail soal insiden ini. Namun surat kabar militer AS, Navy Times, melaporkan Lieutenant Commander Jason Gabbard dibebastugaskan setelah 'ditemukan berkeliaran di hutan dengan hanya memakai sepatu boot-nya'.

"Dia ditemukan mabuk dan berjalan-jalan bugil di kawasan hutan di Camp Shields (Okinawa)," demikian sebut Navy Times dalam laporannya.


Dua perwira senior lainnya, yakni Commander James Cho dan Command Master Chief Jason Holden, juga dipecat karena cara mereka menangani insiden itu. Setelah dipecat, ketiga perwira senior AS itu ditugaskan sementara ke grup konstruksi di California, AS.

"Kepercayaan adalah landasan untuk semua yang kami lakukan sebagai militer profesional dan kami mengharapkan personel kami berperilaku dengan integritas dan karakter yang menunjukkan kepercayaan itu," demikian pernyataan Angkatan Laut AS terhadap AFP.

"Ketika ada indikasi bahwa nilai-nilai itu tidak dipatuhi, kami melakukan penyelidikan yang tepat dan mengambil tindakan yang diperlukan," imbuh pernyataan itu.

Okinawa menjadi 'rumah' bagi 47 ribu tentara AS yang ditugaskan di Jepang. Namun kehadiran mereka menjadi sumber gangguan bagi sebagian warga lokal. Beberapa kasus pidana, termasuk pemerkosaan, menjerat tentara AS di Okinawa beberapa tahun terakhir.


Awal bulan ini, Angkatan Laut AS menyatakan sedang menyelidiki dugaan penggunaan narkoba oleh para personel militer di Pangkalan Yokosuka, Jepang bagian barat daya.


(nvc/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed