Salah Belok ke Markas NSA, Kendaraan Ditembaki Petugas Keamanan

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 15 Feb 2018 18:03 WIB
Ilustrasi
Washington DC - Diduga karena salah belok, sebuah kendaraan berisi tiga orang ditembaki petugas keamanan di markas Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) yang ada di dekat Washington DC. Tiga orang luka-luka dalam insiden ini hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Sejumlah pejabat Biro Investigasi Federal (FBI) mengatakan seperti dilansir Reuters, Kamis (15/2/2018), insiden yang terjadi pada Rabu (14/2) pagi waktu setempat ini diyakini tidak berkaitan dengan terorisme.

Menurut para pejabat FBI ini, kendaraan berisi tiga orang itu melaju ke arah salah satu gerbang kantor NSA di Fort Meade, Maryland sesaat sebelum pukul 07.00 waktu setempat. Merespons kehadiran kendaraan asing itu, para petugas keamanan melepas tembakan ke arahnya. Tembakan dilepaskan sebagai bagian dari prosedur karena ada aturan keamanan NSA yang dilanggar oleh kendaraan itu.


Dalam konferensi pers, agen khusus FBI yang bertugas di Baltimore, Gordon Johnson, menyatakan pihaknya tengah menanyai tiga orang yang ada di dalam kendaraan itu untuk mencari tahu motif mereka bergerak mendekati markas NSA tanpa izin.

"Yang menjadi pertanyaan kami, satu: Apa yang membawa individu-individu ini ke markas pada pagi buta," ucapnya. Ditegaskan Johnson dalam konferensi pers bahwa tidak ada alasan untuk meyakini insiden ini ada kaitannya dengan terorisme.

Kendaraan yang ditumpangi tiga orang yang tidak disebut identitasnya ini, tampak dipenuhi sejumlah lubang bekas peluru di bagian kaca depan. Bagian depan kendaraan juga mengalami kerusakan cukup parah karena kendaraan ini sempat menabrak pembatas beton.

"Tampaknya tembakan diarahkan ke kendaraan ini," kata Johnson, yang menolak menyebut apakah ada senjata api di dalam kendaraan itu.


Dua dari tiga orang di dalam kendaraan itu, kini berada dalam penahanan NSA untuk diinterogasi. Sedangkan satu orang lainnya, si pengemudi kendaraan, masih dirawat di rumah sakit untuk luka-luka yang tidak dijelaskan lebih lanjut. Seorang polisi NSA dan warga sipil yang ada di dekat lokasi juga mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

NSA yang merupakan salah satu lembaga spionase AS, bermarkas di fasilitas militer AS di Maryland yang berjarak 48 kilometer dari Washington DC. Markas NSA berlokasi di dekat jalan tol area Washington DC dan para penyidik meyakini ada kemungkinan kendaraan asing itu salah berbelok.

"Orang-orang masuk ke pintu keluar NSA itu sepanjang waktu. Mereka datang begitu saja, mungkin tidak tahu ... Itu menjadi salah satu teori," ucap juru bicara FBI, Dave Fitz.


Sebelumnya dalam insiden pada Maret 2015, sebuah kendaraan berisi dua orang melaju melewati gerbang NSA. Tembakan dilepaskan ketika kendaraan itu menolak berhenti. Satu orang tewas akibat tembakan petugas keamanan. Laporan saat itu menyebut kendaraan itu salah berbelok usai pengemudinya berpesta dan memakai narkoba.

(nvc/ita)