DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 15:08 WIB

Pasukan Nigeria Bebaskan 46 Sandera Boko Haram, Termasuk 27 Anak

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pasukan Nigeria Bebaskan 46 Sandera Boko Haram, Termasuk 27 Anak Pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau (Foto: AFP)
Abuja - Pasukan Nigeria berhasil membebaskan setidaknya 46 orang yang disandera kelompok militan Boko Haram. Para sandera yang dibebaskan itu termasuk 19 perempuan dan 27 anak-anak. Pembebasan ini terjadi setelah pasukan menghancurkan sebuah tempat persembunyian kelompok bersenjata itu di negara bagian Borno timur laut.

"Pasukan mengusir para teroris Boko Haram dari salah satu tempat persembunyian di sekitar Bentuk-S, bagian dari hutan Sambisa. Lokasi tersebut juga diyakini sebagai salah satu lokasi berharga mereka," demikian disampaikan Kementerian Pertahanan Nigeria seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (14/2/2018).

"Pasukan yang gagah berani juga menghancurkan delapan truk senjata api, beberapa akomodasi sementara dan tenda-tenda. Demikian pula, pasukan menyelamatkan 19 perempuan dan 27 anak-anak dari kantong teroris tersebut," demikian statemen militer.

Militer Nigeria menyatakan, beberapa militan juga tewas dalam insiden itu. Dua kendaraan lapis baja pengangkut personel, sebuah truk dan sebuah laptop milik Boko Haram juga disita aparat.

Meskipun militer Nigeria telah mengumumkan kemenangan atas Boko Haram, namun mereka terus terlibat dalam baku tembak dengan para anggota kelompok militan tersebut di wilayah Nigeria timur laut.

Belum lama ini, pemerintah Nigeria meminta persetujuan parlemen untuk menggunakan dana US$ 1 miliar untuk membasmi pemberontakan Boko Haram yang telah terjadi sejak tahun 2009. Lebih dari 20 ribu orang dilaporkan telah tewas dan jutaan orang mengungsi akibat serangan-serangan Boko Haram.

Sebelumnya pada Sabtu (10/2) waktu setempat, pemerintah Nigeria mengumumkan pembebasan tiga dosen dan 10 perempuan yang disandera Boko Haram. Mereka telah diculik para militan Boko Haram sejak tahun lalu.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed