DetikNews
Selasa 13 Februari 2018, 16:43 WIB

Bom Sisa Perang Dunia II Dipindahkan, Bandara London Dibuka Kembali

Novi Christiastuti - detikNews
Bom Sisa Perang Dunia II Dipindahkan, Bandara London Dibuka Kembali Bandara Kota London (REUTERS/Simon Dawson)
London - Bandara Kota London, Inggris yang sempat ditutup karena temuan bom sisa Perang Dunia II di dekat landasan, kembali dibuka pada Selasa (13/2) ini. Operasional penerbangan kembali normal setelah bom bekas perang yang ditemukan, berhasil dipindahkan.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Selasa (13/2/2018), temuan bom bekas perang seberat 500 kilogram itu telah menyebabkan penutupan sementara Bandara Kota London sepanjang Senin (12/2) waktu setempat. Bom ditemukan di dekat Sungai Thames, dekat landasan bandara.

Bom bekas Perang Dunia II yang tidak meledak itu diyakini dijatuhkan militer Jerman pada periode September 1940 - Mei 1941 silam. Zona larangan sejauh 214 meter sempat diberlakukan dari lokasi temuan bom, saat upaya pemindahan dilakukan.

"Objek Perang Dunia II yang ditemukan di Dermaga King George V telah dipindahkan dengan aman oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan Kepolisian Metropolitan (London)," kata CEO Bandara Kota London, Robert Sinclair, dalam pernyataan terbaru.

"Dampaknya, zona larangan kini dicabut dan bandara dibuka kembali seperti biasa pada Selasa (13/2)," imbuh Sinclair dalam pernyataannya.


Selama penutupan dilakukan, aktivitas penerbangan dari dan ke Bandara Kota London terpaksa dihentikan. Sekitar 16 ribu penumpang terkena dampak penutupan ini, meskipun beberapa maskapai penerbangan mengalihkan penerbangan ke bandara lain di London.

"Untuk semua orang yang terkena dampaknya -- apakah Anda yang seharusnya terbang pada Senin (12/2), atau Anda dievakuasi dari rumah atau perjalanan kerja Anda terganggu oleh penutupan DLR (Docklands Light Railway) -- terima kasih atas kesabaran dan pengertian Anda," ucap Sinclair.

Setidaknya ada 500 orang yang dievakuasi dari kediaman mereka saat upaya pemindahan dilakukan.

Jonny Campbell, perwira Angkatan Laut Inggris yang bertanggung jawab atas tim penyelam penjinak bom, menyatakan objek bekas Perang Dunia II itu ditarik di sepanjang Sungai Thames setelah dipindahkan dari dasar laut. "Kami akan memasang peledak militer berdaya ledak tinggi sebelum melakukan peledakan terkendali," imbuhnya.

Bandara Kota London yang dibuka tahun 1987 terletak di dekat dermaga yang tidak digunakan lagi. Bandara ini melayani sekitar 4,5 juta penumpang sepanjang tahun 2017 dan kebanyakan mengoperasikan penerbangan domestik.

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed