DetikNews
Senin 12 Februari 2018, 16:44 WIB

Ada Bom Sisa Perang Dunia II, Bandara London Ditutup Sementara

Novi Christiastuti - detikNews
Ada Bom Sisa Perang Dunia II, Bandara London Ditutup Sementara Ilustrasi (REUTERS/Toby Melville/File Photo)
London - Temuan bom sisa Perang Dunia II memaksa penutupan sementara Bandara Kota London, Inggris. Bom sisa Perang Dunia II itu ditemukan di dekat Sungai Thames.

Seperti dilansir AFP, Senin (12/2/2018), bom sisa perang itu ditemukan di Dermaga King George V, dekat dengan landasan bandara yang ada di pusat kota London itu. Temuan terjadi saat pengerjaan konstruksi di lokasi pada Minggu (11/2) waktu setempat.

"Zona larangan sejauh 214 meter telah diterapkan sebagai pencegahan oleh Kepolisian Metropolitan (London). Sebagai dampaknya, Bandara Kota London saat ini ditutup," demikian pernyataan Otoritas Bandara Kota London.

"Seluruh penumpang yang akan bepergian dari Kota London pada Senin (12/2) disarankan untuk menghubungi pihak maskapai untuk informasi lebih lanjut," imbuh pernyataan itu.

Bandara Kota London kebanyakan mengoperasikan penerbangan jarak dekat. Bandara yang merupakan bandara terbesar ke-5 di London ini berlokasi di London bagian timur, tepatnya dekat kawasan bisnis Canary Wharf. Bandara ditutup sementara sepanjang Senin (12/2) waktu setempat.

"Bandara tetap ditutup pagi ini. Seluruh penerbangan dari dan ke Bandara Kota London pada Senin (12/2) dibatalkan," ucap CEO Bandara Kota London, Robert Sinclair. Tidak diketahui berapa banyak penerbangan yang dibatalkan sepanjang Senin (12/2) ini.

Kepolisian Metropolitan London menyatakan temuan bom sisa perang itu dilaporkan pada Minggu (11/2) dini hari waktu setempat. Penutupan bandara dan pemberlakuan zona larang diputuskan untuk memastikan keselamatan publik.

"Memastikan bahwa objek itu ditangani dengan aman sambil membatasi risiko pada publik," sebut kepolisian setempat.

Bom sisa Perang Dunia II yang belum meledak itu ditangani oleh personel kepolisian khusus, bersama dengan personel Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Diketahui bahwa ribuan bom dijatuhkan di wilayah London oleh Angkatan Udara Jerman antara September 1940 hingga Mei 1941 silam.

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/bpn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed