DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 19:11 WIB

Sama-sama di Korsel, Wapres AS Hindari Bertemu Pejabat Korut

Novi Christiastuti - detikNews
Sama-sama di Korsel, Wapres AS Hindari Bertemu Pejabat Korut Mike Pence (REUTERS/Rick Wilking)
Seoul - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, menghindari pertemuan dengan pejabat tinggi Korea Utara (Korut) di awal Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018. Pence hanya tampil sebentar dalam acara jamuan yang juga dihadiri pejabat Korut.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (9/2/2018), Pence dan pejabat tinggi Korut diperkirakan akan saling bertemu dalam acara resepsi yang digelar Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-In di resort pegunungan Pyeongchang, hari ini.

Media-media Korsel sebelumnya menyebut Pence akan duduk semeja dengan Kim Yong-Nam, yang memimpin delegasi Korut. Dalam meja kehormatan berisi 12 kursi, Pence bahkan diperkirakan akan duduk berseberangan dengan Kim Yong-Nam yang merupakan kepala negara seremonial Korut.

Namun ternyata, Pence hanya sebentar menghadiri acara resepsi itu untuk menyambut para pejabat lainnya. Istana Kepresidenan Korsel atau Blue House menyatakan Pence memiliki jadwal pertemuan dengan para atlet AS yang ikut serta dalam Olimpiade Musim Dingin.


Menurut laporan Blue House, Pence berjabat tangan dengan para kepala negara lainnya, termasuk Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, namun tidak dengan Kim Yong-Nam.

Pada Jumat (9/2) pagi waktu setempat, Pence menyatakan Moon telah mendukung langkah AS yang akan berupaya membatasi program rudal dan nuklir Korut. Hal ini disampaikan Pence usai memberikan penghormatan bagi 46 pelaut Korsel yang tewas setelah kapal perang Korsel terken serangan torpedo Korut tahun 2010 lalu.

Sementara itu, Kim Yong-Nam bersama delegasi Korut, termasuk adik pemimpin Korut Kim Jong-Un, mendarat di Incheon, Korsel dengan pesawat privat pada Jumat (9/2) siang. Mereka disambut oleh sejumlah pejabat pemerintahan Korsel, termasuk Menteri Unifikasi Cho Myong-Gyon.

Dari Incheon, rombongan delegasi Korut menumpang kereta peluru khusus ke PyeongChang, tempat digelarnya Olimpiade Musim Dingin 2018. Mereka akan menghadiri pembukaan Olimpiade pada Jumat (9/2) malam waktu setempat.

[Gambas:Video 20detik]


Adik Kim Jong-Un terus tersenyum dan tidak terganggu dengan kilatan lampu kamera wartawan saat dia dan rombongan mendarat di Incheon. Kim Yo-Jong memakai mantel warna hitam, sepatu boots dan tas senada. Beberapa warga Korsel yang ada di bandara berusaha menjepret foto Kim Yo-Jong dengan ponsel mereka.

Kim Yo-Jong menjadi anggota dinasti Kim pertama yang berkunjung ke Korsel. Sedangkan Kim Yong-Nam menjadi pejabat Korut paling senior yang berkunjung ke Negeri Ginseng itu. Keduanya dijadwalkan akan makan siang bersama Moon pada Sabtu (10/2) besok.


(nvc/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed