DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 17:32 WIB

Wakil Pemimpin Taliban Pakistan Tewas dalam Serangan Drone AS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Wakil Pemimpin Taliban Pakistan Tewas dalam Serangan Drone AS Foto: Getty Images
Kabul - Sosok penting kelompok Taliban Pakistan tewas dalam serangan pesawat tanpa awak (drone) Amerika Serikat di wilayah Afghanistan timur.

Serangan drone tersebut menewaskan Khan Saeed alias Khalid Sajna, wakil pemimpin kelompok militan Tehrik-e-Taliban Pakistan. Kematiannya dikonfirmasi oleh sumber-sumber Taliban seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Jumat (9/2/2018).

Saeed juga memimpin Mehsud Taliban, sebuah faksi kelompok Taliban di wilayah Waziristan Agency, Pakistan barat laut. Menurut asisten dekat Saeed kepada Anadolu Agency, kendaraan yang dinaiki Saeed menjadi target serangan drone AS di daerah Margha, distrik Barmal di provinsi Paktika, Afghanistan timur yang berbatasan dengan Waziristan Utara, Pakistan.

Dikatakan sumber Taliban tersebut, dua komandan lainnya dan sopir kendaraan juga tewas dalam serangan drone pada Rabu (7/2) waktu setempat itu. "Saeed Khan Sajna telah dimakamkan di dekat perbatasan Pakistan-Afghanistan," ujar sumber Taliban tersebut.

Seorang pejabat dari badan intelijen militer Pakistan, Inter-services Intelligence (ISI) mengkonfirmasi bahwa Saeed tewas dalam serangan drone tersebut.

Saeed telah sejak lama diburu otoritas Pakistan terkait sejumlah kasus, termasuk serangan-serangan bunuh diri terhadap pasukan keamanan dan peristiwa kaburnya 384 tahanan dari sebuah penjara pada tahun 2012. Saeed merupakan komandan Taliban Pakistan ketiga yang tewas akibat serangan drone AS di Afghanistan dalam enam bulan terakhir.

Sebelumnya pada Oktober 2017 lalu, Umar Mansoor, tersangka dalang serangan 2014 di sebuah sekolah di kota Peshawar yang menewaskan 140 orang, tewas dalam serangan drone AS. Komadan Taliban Pakistan lainnya, Omar Khalid Khorasani of Jamaat-ul-Ahrar, tewas dalam serangan serupa di Afghanistan pada November 2017 lalu.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed