DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 16:52 WIB

Kedapatan Terima Suap, Jenderal Terkemuka Korea Utara Dipecat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kedapatan Terima Suap, Jenderal Terkemuka Korea Utara Dipecat Foto: Internet
Pyongyang - Media pemerintah Korea Utara (Korut) mengkonfirmasi pemecatan jenderal terkemuka di negeri itu, Hwang Pyong So. Menurut laporan Dinas Intelijen Nasional Korea Selatan (Korsel), Hwang dipecat karena tuduhan korupsi.

Kantor berita Korut, KCNA seperti dilansir AFP, Jumat (9/2/2018) mengumumkan Menteri Angkatan Bersenjata Kim Jong Gak sebagai Wakil Marsekal dan Direktur Militer Biro Politik Umum -- jabatan yang sebelumnya dipegang oleh Hwang.

Biro Politik Umum merupakan badan militer paling berkuasa di Korut, yang bertanggung jawab untuk menugaskan para perwira di pos-pos mereka dan melakukan kontrol ideologi atas sekitar 1,3 juta tentara negara komunis tersebut.

Awal pekan ini, Dinas Intelijen Nasional Korsel melaporkan Hwang telah dipecat menyusul inspeksi ke biro tersebut. Dia pun dikirimkan ke sebuah sekolah partai untuk menempuh pendidikan ulang. Dilaporkan bahwa Hwang kedapatan menerima suap.

Jenderal-jenderal militer Korut, para pejabat tingkat tinggi dan bahkan para anggota keluarga penguasa Kim diharuskan menjalani pembersihan secara berkala di bawah kepemimpinan Kim Jong-Un.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed